Software CRM
Software

Software CRM Terbaik untuk Pengembangan Bisnis

Berbagai inovasi terus ditemukan untuk mempermudah pekerjaan, termasuk di dunia bisnis dan usaha.Ā  Apalagi saat ini seluruh kegiatan bisa dikerjakan dengan bantuan serba digital, mulai dari komunikasi, belanja, transportasi hingga kesehatan bisa diakses melalui aplikasi.

Di dunia bisnis, saat ini sedang berkembang software CRM (Customer Relationship Management) yaitu sebuah aplikasi yang membantu dan meningkatkan pengelolaan hubungan perusahaan atau organisasi dengan pelanggan secara efisien.

Aplikasi CRM telah populer di kalangan perusahaan besar maupun kecil seperti UMKM karena mampu memberikan kemudahan dan solusi dalam pengelolaan bisnis secara keseluruhan. Aplikasi CRM memiliki berbagai fitur yang membantu perusahaan mulai dari proses pemasaran, penjualan hingga layanan pelanggan dikelola secara otomatis dalam satu platform CRM.

Tingginya jumlah peminat pengguna aplikasi CRM juga terlihat dari banyaknya jenis software CRM yang telah dikembangkan oleh developer atau pengembang, baik itu di ekosistem digital lokal maupun global. Berikut 10 aplikasi CRM terbaik dan populer di Indonesia;

  1. Odoo

Odoo merupakan salah satu CRM yang populer karena memiliki berbagai fitur yang dapat mendukung aktivitas bisnis perusahaan. Odoo didesain dengan tampilan dasbor yang lengkap dan menarik.

Salah satu fitur unggulan Odoo yaitu Visibilitas 360Ā° yang akan menampilkan semua informasi secara realtime. Selain itu, Odoo juga menawarkan ratusan modul yang dapat digunakan berdasarkan kebutuhan bisnis perusahaan. Biaya langganan Odoo dimulai dari $24.0 per bulan

  1. Freshsales

Freshsales merupakan Aplikasi CRM yang fokus pada pengembangan pengelolaan dan jangkauan perusahaan terhadap konsumen dengan sistem yang cukup efektif.Ā 

Salah satu fitur utama Freshsales terdapat pada lead management yang sangat efisien karena memiliki fitur prioritas lead dan lead scoring berdasarkan ranking. Kemudian juga ada fitur analitik untuk mengukur penjualan dan kinerja perusahaan.

Fitur CRM Freshsales lainnya yaitu, email tracking, event tracking, manajemen sales, analisis dan pelaporan hingga fitur saluran komunikasi untuk berinteraksi dengan pelanggan. Langganan CRM Freshsales dibanderol mulai dari $12/user/bulan hingga yang termahal $79/user/bulan.

  1. Keap

Keap merupakan software CRM terkenal dengan fitur pipeline sales yang membantu perusahaan dapat memantau penjualan secara real time. Kemudian juga ada fitur automated email, automated follow-up, reminders hingga fitur keeps calls and messages separate

Keap juga memiliki fitur dukungan UX yang cukup mudah digunakan oleh pihak kedua. Harga untuk berlangganan Keap mulai dari $79 perbulan.

  1. Sugar

CRM Sugar memiliki fitur unggulan yaitu otomasi pemasaran yang dapat membuat kampanye penjualan yang intuitif dalam meningkatkan peluang. Aplikasi CRM ini sangat mendukung semua aktivitas bisnis mulai pemasaran, penjualan, hingga layanan pelanggan.Ā 

CRM Sugar bisa digunakan oleh usaha kecil maupun perusahaan besar. Biaya langganan software ini mulai dari $1.000 per bulan untuk setiap pengguna.

  1. Mekari Qontak

CRM Mekari Qontak memiliki berbagai fitur yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Aplikasi ini juga sudah bisa diintegrasikan dengan berbagai aplikasi lainnya.

Mekari Qontak memiliki fitur 360 View and Analytical Reporting yang dapat menyajikan data yang lengkap yang meliputi monitoring hingga manajemen aktivitas sales. Biaya langganan aplikasi CRM ini mulai dari Rp 200.000 per bulan.

  1. Pipedrive

Aplikasi CRM berikutnya yaitu Pipedrive yang dikembangkan untuk mendukung produktivitasĀ  sales. Pipedrive memiliki fitur management kontak yang dapat mengidentifikasi calon pelanggan potensial atau pesanan yang harus diprioritaskan.

Pipedrive juga memiliki fitur manajemen leads dan penjualan. Aplikasi CRM ini juga sudah tersedia versi mobile apps. Biaya untuk berlangganan PipedriverĀ 

mulai dari $12.50/bulan.

  1. Insightly

CRM Insightly memiliki beragam fitur yang akan mendukung aktivitas sales terutama dalam membangun hubungan dengan pelanggan, dan mengelola project sesuai permintaan pelanggan. Aplikasi Insightly ini juga didukung dengan layanan berbasis cloud yang akan mempermudah perusahaan untuk melacak setiap tahapan penjualan.

Insightly merupakan CRM yang cocok digunakan untuk pengembangan usaha kecil atau pun yang bisnis yang sudah besar . Biaya berlangganan aplikasi CRM Insightly sekitar $299 per bulan untuk setiap pengguna.

  1. Nimble

CRM Nimble ini fokus pada sistem integrasi dalam pengelolaan data dengan menyimpan berbagai data dalam satu platform. Selain itu juga sistem integrasi Nimble juga dapat dihubungkan dengan berbagai aplikasi lainnya, seperti email, kontak dan sebagainya. Fitur ini sangat penting dan dibutuhkan oleh perusahaan dalam pengembangan bisnis. Biaya berlangganan Nimble $25 per bulan untuk setiap pengguna.

  1. Maximizer

Software CRM Maximizer didesain untuk memaksimalkan layanan terhadap konsumen dengan target meningkatkan potensi deals pada setiap pesanan. Maximizer menawarkan fitur otomatisasi pada pemasaran dan sales force, analisisĀ  dan laporan kinerja dan dukungan untuk versi mobile dan social.

Selain itu Maximizer juga didukung layanan cloud sehingga tidak memerlukan media penyimpanan yang cukup besar. Biaya untuk berlangganan Maximizer mulai dariĀ  $29 per bulan.

  1. Drip

CRM Drip dikembangkan dengan mengedepankan sistem integrasi yang dikenal dengan Massive Native Integration. Software ini bahkan memiliki fitur integrasi yang bisa dihubungkan dengan berbagai aplikasi. Drip juga didukung dengan layanan otomatisasi yang kuat di berbagai fiturnya. Harga berlangganan Drip mulai dari $49 perbulan.

Baca juga:

Mengenal Software untuk Kebutuhan Bisnis

Managed Service : Solusi untuk Efisien dan Produktivitas Perusahaan

 

CRM

 

Tips Memilih Aplikasi CRM

Seiring dengan perkembangan aplikasi CRM yang semakin banyak, perusahaan harus dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Berikut tips yang dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih aplikasi CRM;

  • Fitur Otomatisasi

Hal yang sangat penting pada aplikasi CRM adalah sistem otomatisasi dalam berbagai pekerjaan, contoh sederhana yaitu dapat mengirim email secara otomatis pada setiap ada penjualan. CRM yang bagus bahkan memiliki fitur otomatisasi dalam mengumpulkan database

  • Data Pelanggan

Informasi tentang pelanggan merupakan data yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Pastikan aplikasi CRM yang anda pilih memiliki fitur terkait pengelolaan data pelanggan yang lengkap. Termasuk juga fitur pada layanan interaksi dengan pelanggan.

  • Integrasi

Kinerja bisnis anda akan lebih maksimal saat fungsi dari CRM dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi, seperti email, software marketing dan sebagainya. Integrasi CRM ini juga harus meliputi data-data terkait kinerja perusahaan.

  • Reporting

Reporting atau laporan merupakan hal yang penting dalam melihat progres dan propek bisnis anda. Oleh karena itu, pilih aplikasi CRM yang dapat membantu anda dalam menganalisis berbagai data, seperti perilaku pelanggan, peluang penjualan dan sebagainya.

  • Kustomisasi

Fitur selanjutnya yaitu kustomisasi, yang akan membantu anda untukĀ  menyusun dan mengelola fitur yang sesuai dengan kebutuhan.

Secara umum, penggunaan aplikasi CRM untuk membantu bisnis bisa berjalan lebih maksimal dan profit. Salah satu CRM terbaik saat ini yaitu Odoo yang memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan dan meningkatkan kinerja bisnis anda.

Selain itu, untuk meningkatkan layanan dan memperbarui sistem, Odoo juga merilis versi terbaru setiap tahun. Saat ini Odoo telah digunakan lebih dari 7 juta pelaku bisnis di seluruh dunia, baik itu perusahaan kecil atau brand-brand global yang sudah terkenal.

Odoo merupakan solusi CRM yang tepat untuk bisnis Anda. Lacak prospek, realisasikan peluang dan dapatkan forecast yang akurat.

 

Data Storytelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Admin Biztech