Open Source Solusi Pangkas Biaya TI Perusahaan

InsightTips

Persaingan yang semakin ketat bagi industri perbankan saat ini telah menuntut industri agar memiliki infrastruktur teknologi dan informasi (TI) yang mumpuni. Pasalnya, jika tidak memiliki infrastruktur yang tepat, maka dapat tersingkir oleh pemain lainnya. Utamanya, di tengah kondisi pandemic yang tidak bisa dipastikan kapan akan berakhir.

Software berbasis open source, selain aman, juga menawarkan kebebasan dibandingkan dengan software berlisensi yang cenderung tidak adil. Peralihan dari software lisensi berbayar ke open source bisa menghemat setidaknya sekitar 50% dari total anggaran IT pada sistem tersebut. Sebagai sistem database, open source punya performa terbukti lebih unggul dibanding sistem database berbayar manapun. Selain kemandirian berkat lisensi non-komersial, open source juga memiliki skalabilitas yang jauh lebih baik.

Tumbuhnya perusahaan rintisan atau startup saat ini pun, juga didukung oleh software open source yang dinilai lebih hemat dibandingkan software lisensi berbayar. Mayoritas open source dan fitur pendukungnya bisa didapatkan secara gratis yang tentunya akan membantu bisnis anda menghemat pengeluaran selama wabah ini berlangsung. Terlebih lagi, open source tidak menganut vendor lock in, maka bisa diintegrasikan dengan brand manapun yang sesuai dengan budget bisnis anda saat ini.

Selain menghemat biaya bisnis, mengadopsi open source juga bisa membantu bisnis berinovasi serta meningkatkan pengembangan dan kinerjanya. Hal ini dikarenakan oleh tiga hal, yaitu:

  • Source code yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis dan mempercepat inovasi.
  • Adanya komunitas developer yang siap membantu dalam pengembangannya.
  • Pengintegrasian antara open source yang ada untuk meningkatkan kinerja.

Degan semua keunggulan di atas, maka tak heran apabila angka migrasi ke open source kian meningkat. Namun, perlu diingat bahwa migrasi IT bisnis ke open source bukanlah hal mudah, dibutuhkan expertise yang mendalam agar proses migrasi dan implementasi tidak mendisrupsi jalannya bisnis. Maka dari itu, perlu adanya IT partner yang memang berpengalaman di bidang open source agar migrasi anda berjalan lancar.

Hemat di tengah pandemi COVID-19 dengan bermigrasi ke Open Source

Sebagai IT expert di bidang open source, Biztech siap membantu anda memanfaatkan keunggulan dari open source. anda dapat merasakan manfaat dari infrastruktur IT berbasis open source ini sekarang juga. Jangan ragu jika memiliki pertanyaan, anda dapat menghubungi kami melalui kolom chat.

Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Menu
Open chat