Business Agility

InsightTips

Bisnis hari ini bergerak sangat cepat, inovasi dan disrupsi bermunculan setiap harinya. Jika organisasi tidak menerapkan metode agile, maka mereka bisa kehilangan keunggulan dan tidak lagi relevan. Agility sendiri, merupakan kemampuan untuk berpikir dan memahami keadaan dengan cepat. Dalam dunia bisnis, agility adalah metode yang menempatkan proyek dalam skala yang lebih kecil dan melibatkan anggota tim lewat kolaborasi yang konstan dan iterasi berkelanjutan. Metode ini menawarkan pendekatan yang berulang dan bertahap, jadi tidak bekerja secara berurutan dan menciptakan produk di akhir proyek.

Untuk menerapkan proses yang agile, semua stakeholders harus memberikan dukungan karena perombakan proses bisa saja terjadi secara total. Langkah pertama yang harus diambil adalah memastikan transparansi terjadi di semua level untuk memastikan penerimaan tim. Kedua, mereka harus membuka sarana komunikasi dua arah dimana manajemen bisa membicarakan tentang “mengapa” dan “bagaimana” proyek dijalankan dan dalam waktu bersamaan mereka akan menerima feedback dari tim. Langkah ini akan membantu organisasi untuk menghindari selentingan yang bisa saja berdampak negatif bagi proses. Ketiga, dan yang paling kritis yaitu memastikan bahwa organisasi bergerak ke arah pengembangan proses dan lean, karena agile adalah proses yang berkelanjutan sehingga semakin rendah hierarki maka fluiditas proses semakin meningkat.

Penggunaan teknologi juga tidak dipungkiri menjadi faktor dalam business agility. Teknologi memungkinkan perusahaan untuk menciptakan kolaborasi dan pelayanan konsumen yang lebih baik, informasi strategik dan manajemen pengetahuan, dan perusahaan virtual. Teknologi dan sistem informasi dapat memperbaiki aktivitas perusahaan dalam berbagai bidang seperti kolaborasi, proses pengambilan keputusan, dan logistik. Dalam bidang kolaborasi, sistem informasi berperan dalam mendistribusikan desain melalui kerjasama dalam suatu proyek desain melalui sistem kerjasama berbasis komputer. Dalam bidang pengambilan keputusan, penghitungan yang akurat memungkinkan suatu simulation trial untuk menemukan solusi pengambilan keputusan yang lebih baik. Dalam bidang logistik, produktivitas dan pengepakan dimonitor dan dikendalikan dalam suatu jaringan kerja computer.

Agility ini tidak bisa tidak dilakukan oleh perushaan, maka dari itu penting untuk membahas sejauh apa Anda dan organisasi siap dan adaptif dalam meghadapi dunia yang semakin terdisrupsi ini. Yuk cari tahu apa yang dapat Anda lakukan, khususnya terkait teknologi buntuk menjadi agile Bersama proxsis biztech. Hubungi kami ya!

Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Menu
Open chat