Ini Daftar Usaha yang Cocok di Akhir Tahun 2021

Uncategorized
Ini Daftar Usaha yang Cocok di Akhir Tahun 2021

Krisis yang terjadi di tengah pandemi telah menimbulkan dampak yang cukup besar bagi perekonomian di Indonesia. Banyak pekerja terkena dampak dan diberhentikan, namun tak sedikit juga yang merintis usaha baru dan membuka peluang bisnis yang menjanjikan di tengah seringnya masyarakat beraktivitas dari dalam rumah.

Untuk Anda yang juga tertarik membuka usaha baru yang menguntungkan di tengah pandemi, Anda tentu harus mempertimbangkan situasi masyarakat saat ini, modal yang bisa Anda keluarkan, serta pengaruh atau hasil dari bisnis Anda dan dampaknya bagi masyarakat. Lalu apa saja usaha yang cocok untuk Anda jalankan di masa akhir tahun 2021 sekarang? Ini daftarnya:

  1. Kerajinan Ramah Lingkungan

Pandemi yang terjadi tentu tidak melupakan global warming atau pemanasan global yang tetap terjadi seiring dengan peningkatan konsumsi plastik yang terjadi di seluruh dunia. Kini tak sedikit pemerintah kota yang turut menerapkan gerakan anti plastik dengan memanfaatkan benda-benda yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Masyarakat yang ingin turut menjadi bagian menyelamatkan bumi tentu akan sangat tertarik dengan berbagai kerajinan lingkungan yang keuntungannya tidak hanya dirasakan oleh Anda, tetapi juga bagi bumi yang lebih sehat.

  1. Cemilan/Makanan Ringan

Kegiatan work from home yang telah diterapkan oleh hampir setiap perusahaan, terlebih mengingat PPKM atau Pemberlakuan Perbatasan Kegiatan Masyarakat, menjadikan aktivitas di rumah semakin meningkat. Hal ini pun menjadikan cemilan/makanan ringan yang sebagai ‘teman’ selagi bekerja dapat memikat hati masyarakat. Apalagi, dengan waktu kerja yang cenderung lebih relatif sehingga masyarakat bisa membeli dan mengonsumsi makanan ringan kapan pun.

  1. Hampers atau Bingkisan

Keterbatasan fisik yang menjadi penghalang untuk merayakan perayaan tertentu bukan menjadi masalah bagi Anda yang tetap ingin melakukan selebrasi, karena kini hampers atau bingkisan menjadi tren bisnis yang diminati masyarakat. Jenis bisnis ini juga dapat menjadi ajang kreativitas karena Anda bisa berkreasi dan berinovasi dalam menyediakan hampers sesuai keinginan atau minat masyarakat pada saat ini.

  1. Produk Kecantikan

Menghabiskan banyak waktu di rumah juga menjadi alasan banyak warga yang ingin membuat diri terlihat lebih sehat dan menarik. Produk kecantikan yang menjadi tren penjualan belakangan ini tidak hanya sebatas bagi wanita saja, lho! Tak sedikit juga produk kecantikan yang ditujukkan untuk pria agar terlihat lebih glowing di masa pandemi.

  1. Pertanian Organik

Pernahkah Anda mendengar istilah hidroponik? Teknik penanaman yang mudah dan tidak membutuhkan banyak peralatan yang ini juga menjadi salah satu bisnis yang sedang marak disukai banyak orang, khususnya ibu-ibu atau bapak-bapak yang tertarik dengan dunia tumbuhan. Selain aman bagi lingkungan, pertanian organik juga dapat menghasilkan banyak hasil pangan yang lebih sehat untuk dikonsumsi keluarga.

  1. Pet Shop/Pet Care

Bagi masyarakat yang punya binatang peliharaan, melakukan kegiatan work from home tentu akan semakin mendekatkan hubungan dengan binatang peliharaan yang ada di rumah. Bisnis Pet Shop/Pet Care dapat juga menjadi alternatif lain bagi Anda yang ingin merintis usaha, khususnya karena hal ini sangat menarik bagi masyarakat yang gemar dengan binatang peliharaan.

  1. Jasa Penerjemah

Bagi Anda yang tidak ingin menjalankan bisnis berbasis produk, Anda juga bisa menyediakan jasa penerjemah bagi masyarakat yang sedang membutuhkan. Khususnya bagi Anda yang ahli dalam berbagai bahasa, jasa penerjemah juga dapat memberikan Anda penghasilan tambahan dengan modal yang sangat sedikit, karena Anda dapat dengan mudah menggunakan teknologi digital yang cepat dan modern untuk mengirim file atau bertransaksi.

  1. Financial Planner

Anda memiliki background edukasi terkait bisnis? Maka jasa financial planner dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda! Anda bisa membantu banyak para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis dengan strategi yang tepat dan cara penjualan yang akurat. Pengalaman yang banyak Anda kumpulkan selama pandemi ini dapat menjadi bekal untuk menambah portfolio Anda dan bisa Anda manfaatkan saat pandemi telah berakhir.

  1. Kursus Online

Punya keahlian khusus namun bingung bagaimana caranya agar dapat berguna? Coba buka kursus online yang bisa Anda jalankan untuk menarik minat masyarakat yang memang ingin memiliki keahlian seperti Anda. Apalagi, kecanggihan teknologi di masa kini dapat juga menjadi pendukung untuk memudahkan Anda dalam mengajar klien Anda. Tak hanya keahlian Anda sendiri, Anda juga dapat menjadi ‘distributor’ atau penyalur dengan membuka bisnis kursus online dari berbagai bidang bersama para profesional dan ahli lainnya.

  1. Katering Sehat

Bisnis yang pastinya menjadi yang paling diminati dan pastinya menarik perhatian masyarakat adalah katering sehat. Mengingat pandemi yang masih terjadi, masyarkat tentu ingin memiliki tubuh yang lebih sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan kaya akan nutrisi dari katering sehat yang Anda jalankan. Meski begitu, Anda harus memastikan bahwa katering sehat yang Anda jalankan adalah dikelola dengan protokol kesehatan yang aman, sehingga masyarakat pun percaya dan tidak segan untuk membeli produk Anda.

Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Menu
Open chat