Survei: Performa Bisnis Meningkat 80% dengan Cloud Computing

Insight

Cloud Computing adalah proses pengolahan data atau informasi yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, sehingga pengguna atau siapapun yang memiliki akses dapat mengelola data walau hanya melalui sambungan internet. Penggunaan Cloud Computing menjadi tren yang semakin marak diterapkan di perusahaan, terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini karena sistem Work From Home yang diwajibkan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Tapi selain daripada itu, Cloud Computing sudah sejak dulu diterapkan, tepatnya pada tahun 1960-an melalui kehadiran “Intergalactic Computer Network” yang dicetuskan oleh JCR Licklider. Seiring dengan berkembangan teknologi dan zaman, pada akhir tahun 1990-an, konsep “Network Computing” tersebut pun semakin dikembangkan dengan kehadiran sistem “Application Service Provider” dan “Software as a Service” pada tahun 1999.

Salah satu ciri utama Cloud Computing yang menarik adalah kemudahannya untuk digunakan dan diakses meski dari server jarak jauh. Terbukti, sebuah survei yang berhasil dilakukan oleh iternalnetworks.com, sejumlah perusahaan berhasil menunjukkan peningkatan performa hingga 80% setelah menerapkan sistem Cloud Computing yang optimal.

Peningkatan performa ini tentu didapat dari keuntungan yang diraih dari penggunaan Cloud Computing, seperti:

  1. Data akan lebih aman tersimpan

Tahukah Anda, bahwa dikutip dari Varonis, 95% pelanggaran keamanan siber disebabkan oleh kesalahan manusia? Dengan memaksimalkan penggunaan Cloud Computing, Anda secara tidak langsung juga akan meminimalisir pelanggaran keamanan siber karena semua aktivitas akan lebih mudah terpantau. Bila terjadi cyber crime yang berbahaya pun, sistem Cloud Computing yang diterapkan dengan baik dapat mendeteksi dari mana sumber permasalahan, dan dapat teratasi secepatnya sebelum merugikan perusahaan.

  1. Data mudah diakses kapan saja dan di mana saja

Setiap perusahaan tentu mempunyai banyak data dan informasi yang harus dijaga dan dikelola. Banyaknya data tersebut akan sangat merepotkan bila disimpan secara manual, karena pihak yang membutuhkan data tentu tidak hanya terbatas satu orang saja, melainkan banyak pekerja dari berbagai divisi yang turut juga memerlukan data itu. Menggunakan Cloud Computing bisa memudahkan data yang tersimpan untuk lebih dapat dikelola dan diakses kapan saja dan di mana saja.

  1. Biaya lebih terpangkas karena tidak membutuhkan perangkat keras

Secara manual, menyimpan data dalam nominal yang banyak pasti akan membutuhkan banyak perangkat keras yang berharga tinggi. Namun tidak dengan Cloud Computing, karena semua dapat tersimpan dalam jaringan internet yang lebih praktis, sehingga Anda bisa memangkas biaya perangkat keras yang cukup besar dan bisa Anda alokasikan ke urusan lain yang lebih penting.

Tertarik menerapkan Cloud Computing pada bisnis Anda? Tak perlu kesulitan mencari mana yang terpercaya, karena Anda bisa mengandalkan Proxsis Biztech yang berkualitas dan pasti sesuai dengan kebutuhan Anda! Segera hubungi kami untuk meningkatkan performa bisnis Anda melalui penerapan Cloud Computing yang terkini. Yuk, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

 

Artikel Lainnya

Menu
Open chat