Desain Website Keren

InsightTipswebsite
desain website keren

Seiring dengan berkembangnya zaman, alat – alat yang digunakan dalam pembuatan desain website semakin canggih. Bahkan sekarang tidak harus hebat dalam bahasa pemrograman untuk membuat desain website yang keren dan kekinian.

Website dibuat dan dirancang untuk memberikan informasi kepada pengunjung, tentu saja disajikan dengan desain yang menarik agar pengunjung nyaman saat membaca serta ini juga membantu membangun kepercayaan pengunjung.

Ada dua cara dalam mendesain website yang keren:
  1. Dengan menggunakan Bahasa Pemrograman
    Cara untuk membuat desain web yang pertama yaitu dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, Javascript, CSS, dll.
  1. Dengan menggunakan Fitur Drag & Drop.
    Cara ini cukup mudah, simpel, cepat dan sangat tren saat sekarang ini. Ini dapat ditemukan di platform pembuat dan pengembangan situs web seperti wix. Selain di platform pembuat dan pengembangan website, fitur Drag & Drop juga bisa ditemukan di CMS seperti WordPress dan Joomla.

Baca Juga: Web Developer, Web Designer dan Webmaster, Apakah Sama?

Apa yang diperlukan dalam desain website yang keren?
  1. Responsif Web
    Salah satu yang perlu dalam mendesain website adalah Responsif web tersebut. Era sekarang ini, rata – rata masyarakat seluruh dunia browsing menggunakan smartphone. Tidak di smartphone saja yang responsif, pastikan juga website responsif saat diakses menggunakan perangkat yang lain atau apa saja.
  1. Gunakan gambar atau foto
    Website yang hanya menampilkan teks saja akan terasa membosankan. Untuk meningkatkan daya tarik pengunjung secara visual agar betah dan berlama – lama, maka gunakanlah gambar atau foto yang menarik. Ada banyak situs yang menyediakan foto atau gambar dengan harga murah bahkan ada yang gratis. Tidak hanya gambar atau foto saja, video juga bisa meningkatkan daya tarik secara visual.
  1. Tata letak konten
    Tata letak konten sangat penting dalam mendesain website. Tujuannya adalah agar tampilan rapi, teratur, sederhana dan nyaman saat dilihat sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan. Dalam membuat websitepun juga harus membutuhkan kerapian dan teratur dalam penulisan kode.
  1. Navigasi yang Jelas
    Dengan bantuan navigasi yang jelas pengunjung akan mudah menemukan informasi yang mereka cari dalam website.
  1. Penggunaan Warna
    Warna juga berpengaruh besar dalam hal mendesain, ini sangat berhubungan dengan emosi dan otak manusia bagian kanan.
  1. Ajakan Bertindak(Call to Action – CTA)
    Ajak pengunjung untuk bertindak di dalam website, arahkan mereka untuk mengunjungi produk yang telah disediakan atau ajakan ke informasi kontak agar mereka bisa menghubungi.
  1. Pemilihan Template/Tema
    Pilihlah template/ tema sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu memaksakan sesuai dengan tren.
  1. Penggunaan Font
    PIlihlah font yang menarik dan model fontnya yang tidak terlalu berlebihan. Pastikan juga jarak antara kata, ukuran font dan penataan teks yang jelas saat mendesain website sehingga enak dibaca oleh pengunjung.
  1. Trial & Error
    Saat mendesain website pasti ada hasil desain yang tidak sesuai dengan ekspetasi. cobalah lakukan dengan ide – ide yang lain. Semakin banyak menjelajah dan melakukan percobaan, semakin besar kemungkinan menemukan sesuatu yang keren, unik dan spesial.

Baca juga: 8 Prinsip Desain Situs Web Agar Ramai Visitor

Website tidak hanya difokuskan pada desainnya saja, tapi pada kontennya juga, itu sangat penting. Utamakan kebutuhan , kenyamanan dan keinginan pengunjung agar mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Dalam membuat desain yang keren, itu juga sepenuhnya tergantung kepada diri sendiri karena setiap orang memiliki definisi keren masing – masing. Apakah kamu saat ini sedang mencari bantuan dalam mendesain website keren? Kunjungi link berikut ya !

 

Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Menu
Open chat