8 Prinsip Desain Situs Web Agar Ramai Visitor

Insight
Prinsip Desain Situs Web

Keberhasilan situs web sebenarnya banyak bergantung pada bagaimana web tersebut didesain. Bukan hanya dari segi visual namun juga mencakup kegunaan dan utilitasnya. Situs web meruapakan wajah dari bisnis tentunya juga membantu bisnis dalam bertransformasi digital. Salah-salah melakukannya, brand Anda yang mengalami risiko. Desain sebuah halaman web memiliki peranan penting dalam konversi jauh lebih banyak dari apa yang Anda pikirkan selama ini. Jadi, apa saja 8 prinsip desain situs web ini?

8 Prinsip Desain Situs Web

8 prinsip desain situs web

1.    Buat Sederhana

Situs web yang didesain berlebihan mungkin tidak berfungsi. Menempatkan terlalu banyak elemen di halaman dapat mengganggu pengunjung dari tujuan utama situs Anda. Kesederhanaan selalu berhasil dalam desain halaman web yang efektif. Desain situs web yang bersih dan segar tidak hanya membuat situs web menarik tetapi juga membantu pengguna untuk menavigasi dari satu halaman ke halaman lain dengan mulus. Buat desain Anda sesederhana mungkin sehingga pengunjung dapat merasakan betapa mudahnya meeka dapat menjalankannya.

2.    Konsistensi

Konsistensi dalam desain situs web sangat penting. Berikan perhatian Anda untuk mencocokkan elemen desain di setiap halaman. Dapat dipahami bahwa font, ukuran, heading, sub-heading, dan gaya tombol Anda harus sama di seluruh situs web. Rencanakan semua sebelumnya. Selesaikan font dan warna yang tepat untuk teks Anda, tombol, dll, dan pertahankan selama pengembangan belangsung. CSS (Cascading Style Sheets) akan berguna untuk menyimpan informasi lengkap tentang gaya dan elemen desain.

3.    Tipografi & Keterbacaan

Tidak peduli seberapa bagus desain Anda, teks masih meupakan faktor penting karena memberikan informasi yang diinginkan pengguna. Crawler dalam mesin pencari masih sangat akrab dengan data  berupa text, dan ini menjadi bagian integral dari aktivitas SEO. Anda harus menjaga tipografi Anda secara visual menarik dan dapat dibaca oleh pengunjung, bersama dengan penggunaan kata kunci, meta-data, dan elemen sensitif SEO lainnya yang rumit.

Pertimbangkan untuk menggunakan font yang lebih mudah dibaca. Font sans-serif modern seperti Arial, Helvetica, dll. Dapat digunakan untuk teks isi. Buat kombinasi tipografi yang tepat untuk setiap dan setiap elemen desain seperti tajuk berita, teks isi, tombol, dll.

4.    Kompatibilitas Seluler

Mengingat penggunaan smartphone, tablet, dan phablet yang terus berkembang, desain web harus efektif untuk berbagai layar. Jika desain situs web Anda tidak mendukung semua ukuran layar, kemungkinan Anda akan kalah bersaing dengan pesaing Anda. Ada sejumlah studio desain web atau titik layanan tempat Anda dapat mengubah desain desktop menjadi desain yang responsif dan adaptif untuk semua ukuran layar.

5.    Palet Warna dan Citra

Kombinasi warna yang sempurna menarik pengunjung, sementara kombinasi yang buruk dapat menggangu pengunjung. Maka dai itu, Anda haus memilih palet warna yang sempurna untuk situs web Anda yang dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga memberikan dampak yang baik bagi pengunjung. Tingkatkan pengalaman pengguna dengan memilih palet warna pelengkap untuk memberikan tampilan yang seimbang pada desain situs Anda. Ingatlah untuk menggunakan ruang putih karena mereka menghindari situs web Anda dari kekacauan visual. Selain itu, hindari menggunakan terlalu banyak warna, 3 atau 4 warna cukup untuk keseluruhan situs web serta memiliki desain yang menarik dan jelas.

6.    Loading yang Cepat

Tidak ada yang menyukai situs web yang membutuhkan terlalu banyak waktu untuk dimuat. Jadi jagalah dengan mengoptimalkan ukuran gambar, menyisir kode ke dalam file CSS atau JavaScript pusat karena itu mengurangi permintaan HTTP. Juga, kompres HTML, JavaScript, dan CSS untuk meningkatkan kecepatan pemuatan.

7.    Navigasi Mudah

Studi menunjukkan bahwa pengunjung menghabiskan lebih banyak waktu di situs web yang memiliki navigasi yang mudah. Untuk navigasi yang efektif, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat hierarki halaman logis, menggunakan scrum roti, dan merancang tombol yang dapat diklik. Anda harus mengikuti “aturan tiga-klik” sehingga pengunjung bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam tiga klik.

8.    Komunikasi yang Baik

Tujuan akhir dari pengunjung adalah untuk mendapatkan informasi, dan jika situs web Anda dapat mengkomunikasikan pengunjung Anda secara efisien, kemungkinan besar mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu di situs web Anda. Trik yang mungkin berhasil untuk membangun komunikasi yang mudah dengan pengunjung adalah – mengatur informasi dengan memanfaatkan headline dan sub-headline dengan baik, memotong omongan, dan menggunakan poin-poin, daripada kalimat panjang yang keras.

Menjaga prinsip-prinsip desain situs web yang baik yang disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah mengembangkan situs web yang estetika dan fungsional. Tanpa basis ini, akan sulit menempuh jalur yang panjang. Hanya dengan desain yang bersih dan ramah pengguna, Anda dapat berpikir untuk sukses.

Tertarik untuk memiliki web yang memenuhi 8 prinsip desain situs web? Hubungi kami dan kunjungi situs berikut.

Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Menu
Open chat