Mobile Apps

Uncategorized
aplikasi seluler

Karena perilaku konsumen terus berkembang, bisnis perlu menyesuaikan strategi mereka untuk menjadi ‘di mana pelanggan mereka berada’. Hasilnya, perusahaan bergerak cepat untuk menjadikan aplikasi seluler sebagai alat dan aset bisnis.

Salah satu pertanyaan kunci dalam bisnis adalah ‘bagaimana Anda dapat memberikan keunggulan kompetitif pada merek Anda’. Jawabannya; aplikasi seluler. Perusahaan industri terkemuka sedang merancang pengalaman holistik yang memanfaatkan sifat pribadi seluler. Meskipun masih ada keraguan seputar aplikasi seluler, penting untuk dipahami bahwa aplikasi asli bukan hanya versi seluler situs web Anda, tetapi lebih merupakan lingkungan yang menarik dan didorong oleh pengalaman yang penting untuk menciptakan perjalanan pelanggan yang kohesif. Aplikasi seluler dapat digunakan untuk membangun keberadaan seluler yang kuat, yang menghasilkan keterlibatan yang jauh lebih baik untuk investasi Anda.

Pendekatan yang mengutamakan seluler sangat penting untuk bisnis yang sukses, namun banyak yang masih tertinggal dalam mengadopsi strategi aplikasi seluler. Di mana web seluler dapat membantu meningkatkan kesadaran dan meningkatkan lalu lintas, aplikasi seluler, di sisi lain, memungkinkan Anda untuk membina hubungan pelanggan dan meningkatkan retensi. Tanpa kehadiran seluler, peluang pemasaran yang signifikan akan terlewatkan.

Mengapa bisnis membutuhkan aplikasi seluler?

Agar relevan di pasar saat ini, kehadiran seluler adalah suatu kebutuhan. Kami melihat peningkatan besar dalam variasi dan jenis aplikasi bisnis yang diunduh, dengan lebih banyak konsumen beralih ke aplikasi seluler untuk berinteraksi dengan merek. Faktanya, diperkirakan antara 2016 dan 2020, unduhan tahunan akan berlipat ganda menjadi sekitar 284 miliar. Karena itu, ini adalah waktu yang paling tepat untuk memulai perjalanan pengembangan aplikasi seluler.

Permintaan perusahaan untuk pengembangan aplikasi kustom terus meningkat; dari 23% pada 2014 menjadi 32% pada 2016. Satu survei ContractIQ menemukan bahwa 62% bisnis sudah memiliki aplikasi atau sedang dalam proses membangun aplikasi. Dari jumlah tersebut, 20% menggunakan aplikasi mereka untuk tujuan pencitraan merek, 30% memiliki aplikasi yang menghasilkan pendapatan, dan 50% menggunakannya untuk dukungan dan keterlibatan. Faktanya, perusahaan dengan berbagai ukuran dan kematangan berinvestasi di seluler untuk menghasilkan bisnis baru atau meningkatkan bisnis yang sudah ada.

Bisnis memilih untuk berinvestasi dalam aplikasi untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, membantu meningkatkan penjualan, atau menjadi lebih kompetitif di pasar. Menurut penelitian Clutch, dua cara utama yang digunakan aplikasi seluler untuk memfasilitasi peningkatan bisnis adalah melalui peningkatan layanan pelanggan dan pengembalian investasi, keduanya mencerminkan alasan utama yang diberikan bisnis untuk mengembangkan aplikasi seluler.

Ada banyak alasan mengapa bisnis harus merangkul revolusi dan berinvestasi dalam aplikasi seluler; ini hanya beberapa…

# 1 Tingkatkan Keterlibatan Pelanggan

Aplikasi seluler adalah strategi hebat untuk menjaga pelanggan tetap terlibat dengan merek Anda, menawarkan fitur unik yang lebih menarik daripada Web. Aplikasi dapat mendorong calon pelanggan dan pelanggan saat ini untuk terlibat, dan terus terlibat, dengan bisnis Anda. Lebih khusus lagi, mereka bertindak seperti pengingat lembut yang menarik pelanggan Anda kembali ke bisnis Anda.

Sebuah aplikasi menawarkan kepada pelanggan Anda cara yang lebih nyaman untuk menjelajahi, berbelanja, dan berinteraksi dengan suatu merek, dengan informasi yang mudah diakses langsung di ujung jari mereka. Hasilnya, merek Anda tepat di telapak tangan pelanggan Anda. Lebih penting lagi, semakin sering pelanggan Anda terlibat dan berinteraksi dengan merek Anda, semakin besar kecenderungan mereka untuk membeli produk dan / atau layanan Anda.

Dengan semua kebisingan di luar sana, bisnis mudah kehilangan pengaruh pada pelanggan mereka. Karena ekosistem seluler terus berkembang, bisnis menciptakan aplikasi seluler untuk menangkap konsumen yang terhubung dan menjangkau pasar yang lebih luas dan lebih terlibat daripada sebelumnya. Aplikasi seluler menawarkan lingkungan ‘taman bertembok’ yang unik yang memungkinkan bisnis meningkatkan interaksi dan menjalin hubungan nyata dengan pelanggan mereka. Lingkungan bermerek yang ‘berdinding’ ini memberikan pengalaman yang konstan dan mulus kepada pengguna aplikasi; mengurangi kebisingan dan kekacauan sekaligus meningkatkan keterlibatan dengan merek Anda.

# 2 Saluran Langsung & Personalisasi

Salah satu keuntungan signifikan dari aplikasi seluler adalah memberikan peluang bagi bisnis untuk mempersonalisasi komunikasi mereka. Dengan memanfaatkan informasi profil pengguna, perusahaan dapat melibatkan pelanggan mereka satu per satu secara real-time. Ini sangat penting ketika lebih dari 70% konsumen mengharapkan pengalaman yang dipersonalisasi dengan merek tempat mereka berinteraksi.

Sebuah aplikasi memberi merek peluang luar biasa untuk menawarkan pengalaman pengguna yang sangat dipersonalisasi dan mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan. Ini, pada gilirannya, mengarah pada hasil dan keterlibatan yang lebih baik dengan merek. Informasi profil pengguna aplikasi dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan komunikasi yang sangat tersegmentasi dan dipersonalisasi kepada setiap pengguna berdasarkan preferensi masing-masing.

Dengan aplikasi, merek memiliki kesempatan untuk memanfaatkan saluran pemasaran langsung. Melalui pemberitahuan push, bisnis semakin dekat untuk memfasilitasi interaksi langsung dengan konsumen. Terlebih lagi, pemberitahuan push adalah alat yang sangat berharga yang dapat melibatkan audiens Anda dan dengan mudah mengingatkan pelanggan tentang produk dan layanan Anda pada waktu yang optimal. Berkat personalisasi dan fitur khusus aplikasi seperti geolokasi, merek dapat menciptakan momen seluler yang relevan. Lebih khusus lagi, memanfaatkan lokasi pengguna dan informasi profil untuk mempersonalisasi pemberitahuan membantu membuatnya lebih relevan dan menarik bagi pengguna. Tingkat penargetan dan personalisasi ini tidak hanya menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna, tetapi juga mendorong hubungan yang lebih kuat dengan merek.

# 3 Bangun Kesadaran Merek

Salah satu hal terpenting yang ditawarkan aplikasi kepada konsumen adalah kesadaran dan komunikasi dengan merek Anda. Ini menyediakan lingkungan di mana interaksi reguler dengan target pasar Anda dapat menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas. Belum lagi, semakin sering konsumen terpapar dengan merek Anda, semakin tinggi niat mereka untuk membeli. Karena alasan inilah aplikasi seluler dianggap sebagai strategi yang efektif untuk mempromosikan dan membangun merek.

Dalam dunia yang kompetitif saat ini, aplikasi seluler adalah salah satu alat terbaik untuk meningkatkan visibilitas merek Anda secara eksponensial. Hal ini dapat dicapai dengan membuat aplikasi yang memiliki fitur yang disukai pelanggan Anda, sekaligus memiliki merek yang bagus dan dirancang secara intuitif.

# 4 Mendorong Loyalitas Merek

Penting untuk membuat hubungan yang benar dan tulus dengan pelanggan Anda untuk menumbuhkan loyalitas merek. Ini adalah pengalaman pengguna suatu aplikasi, dan betapa berharganya hal ini bagi pelanggan, yang telah mengikat loyalitas merek ke aplikasi seluler. Ini adalah salah satu alasan terpenting mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk membuat aplikasi seluler untuk bisnis Anda. Meningkatkan aksesibilitas produk dan layanan Anda adalah cara terbaik untuk secara organik meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penawaran Anda.

Aplikasi seluler menawarkan cara yang bagus untuk memberi penghargaan dan menambah nilai bagi pelanggan Anda. Penting untuk mencoba dan memberikan tingkat nilai kepada pelanggan Anda yang tidak bisa mereka dapatkan di tempat lain. Misalnya, mendigitalkan program loyalitas di mana promosi dapat disesuaikan dengan setiap pelanggan individu dan preferensi pribadi mereka adalah cara yang ampuh untuk menambah nilai sambil mendorong pelanggan yang kembali.

# 5 Layanan & Dukungan Pelanggan

Menurut SalesForce, 70% pembelian dipengaruhi oleh pengalaman pelanggan saja. Aplikasi seluler menawarkan saluran yang lebih efisien bagi pelanggan Anda untuk berhubungan dan terlibat dengan merek Anda. Dari menyederhanakan pembelian online hingga memberikan informasi yang mudah diakses, aplikasi seluler dapat meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan Anda secara signifikan. Ketika kepuasan pelanggan meningkat, akhirnya penjualan pun ikut meningkat.

Salah satu kekuatan pengalaman seluler adalah dapat membangun putaran umpan balik dan dukungan ke dalam aplikasi, memberi pelanggan cara yang instan, mudah, dan responsif untuk menghubungi dan berinteraksi dengan merek Anda. Sifat aplikasi seluler yang mudah diakses dan intuitif menjadikannya saluran layanan pelanggan yang ideal yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara signifikan. Misalnya, memiliki fitur perpesanan atau meja bantuan dalam aplikasi Anda benar-benar dapat membuat perbedaan dalam cara Anda berkomunikasi dengan pelanggan.

# 6 Tetap Kompetitif

Dengan pertumbuhan seluler yang berkelanjutan dan perilaku konsumen yang terus berkembang, aplikasi untuk setiap bisnis akan dengan cepat menjadi harapan. Membuat aplikasi seluler adalah cara pasti untuk tetap kompetitif dan mengamankan kehadiran yang kuat di industri Anda. Mereka memberi bisnis kesempatan untuk menonjol dari keramaian dengan menawarkan lingkungan yang menarik secara visual dan interaktif. Pesaing Anda, jika mereka belum melakukannya, kemungkinan besar akan menerapkan aplikasi seluler sebagai bagian dari strategi bisnis mereka. Akibatnya, kelambanan dalam pengembangan aplikasi dapat mengakibatkan ketertinggalan dalam persaingan.

# 7 Tingkatkan Pendapatan

Aplikasi seluler memberi peluang pada merek Anda untuk meningkat dan memperoleh pendapatan tambahan. Dengan membuat proses pembelian lebih nyaman, intuitif, dan sederhana, aplikasi dapat secara signifikan meningkatkan pengalaman pelanggan yang, pada gilirannya, berdampak positif pada penjualan.

Aplikasi seluler juga dapat dimonetisasi dengan sangat mudah, memberikan peluang bagi bisnis untuk memperoleh pendapatan tambahan. Beberapa strategi monetisasi aplikasi yang paling populer meliputi: iklan dalam aplikasi, pembelian dalam aplikasi, freemium, dan aplikasi berbayar. Jika pengguna menikmati aplikasi dan merasa aplikasi itu menawarkan nilai, mereka sering kali dengan senang hati membayarnya. Oleh karena itu, dengan menawarkan produk atau layanan Anda, atau dengan beriklan di aplikasi Anda, Anda dapat memperkenalkan aliran pendapatan baru ke dalam strategi bisnis Anda.

# 8 Menangkap Wawasan Konsumen

Aplikasi seluler memberi perusahaan peluang unik untuk benar-benar memahami pelanggan mereka. Lebih khusus lagi, aplikasi menyediakan cara yang efisien bagi bisnis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memanfaatkan data pelanggan. Dengan menangkap informasi seperti preferensi dan perilaku pelanggan, aplikasi menawarkan potensi untuk memengaruhi strategi pemasaran dengan wawasan konsumen yang tak ternilai. Memahami motif pengguna, fitur atau jalur paling populer, dan siapa pengguna Anda dapat membantu Anda membuat keputusan strategis yang tepat untuk memfokuskan upaya pemasaran Anda di tempat yang tepat. Oleh karena itu, dengan aplikasi, bisnis memiliki kemampuan untuk menggunakan taktik pemasaran berbasis data untuk menawarkan pengalaman yang sangat dipersonalisasi kepada konsumen.

Dunia telah beralih ke seluler, dan tidak ada jalan untuk kembali. Terlepas dari industri tempat Anda berada, aplikasi seluler sangat berguna untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Apakah Anda mencoba untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan keterlibatan, atau meningkatkan penjualan, meluncurkan aplikasi pasti dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda. Penting untuk memanfaatkan pasar aplikasi seluler saat masih relatif belum tersentuh. Melakukan hal itu akan memungkinkan Anda meraup nilai yang dihasilkan aplikasi seluler bisnis.

Mungkin sulit untuk mengambil pandangan kritis tentang bisnis Anda dan memahami bagaimana hal itu dapat diterjemahkan ke dalam seluler. Sebaliknya, coba pikirkan cara organik agar bisnis Anda dapat diperluas melalui seluler.

Pertimbangkan sumber daya yang dapat didedikasikan bisnis Anda untuk proyek pengembangan aplikasi di masa mendatang. Meskipun memiliki tim internal memungkinkan Anda lebih mengontrol proses pengembangan, mungkin juga memerlukan investasi yang lebih besar. Membawa sumber daya eksternal, seperti freelancer atau agen pengembangan, bisa menjadi investasi yang lebih berharga untuk beberapa bisnis.

Dengan dorongan besar dalam unduhan aplikasi seluler yang diperkirakan akan terus berlanjut, sekarang adalah saat yang tepat untuk secara serius mempertimbangkan strategi seluler Anda. Di Liquid State, kami memahami pentingnya menerapkan perangkat lunak aplikasi perusahaan sebagai bagian dari strategi perusahaan. Platform kami memberdayakan bisnis untuk membangun aplikasi bebas kode asli untuk berbagai fungsi bisnis.

Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Menu
Open chat