7 Karakter IT Leader yang Membedakannya dari IT Manager

Uncategorized
karakter it leader

7 Karakter IT Leader yang Membedakannya dari IT Manager

Karakter IT Leader seperti apa yang harus Anda miliki? Sebagian besar CIO, pada tahap sebelumnya dalam karier mereka, adalah seorang manajer TI. Sayangnya, meskipun ada kenaikan gaji dan tanggung jawab, banyak CIO terus berperilaku dan berkinerja seperti manajer daripada eksekutif tingkat C. Terjebak di masa lalu dan tidak dapat maju, CIO dengan pola pikir yang terikat pada manajer tidak dapat membuka potensi penuh dari peran barunya. Transisi dari manajer menjadi eksekutif adalah proses yang membutuhkan kesadaran, refleksi, dan wawasan. Ini dia daftar karakter tersebut.

1. Inspiratif

Seorang pemimpin TI menginspirasi kolega, mendorong mereka untuk merangkul dan mengembangkan perubahan teknologi.

“Tidak memerlukan gelar atau posisi kekuasaan untuk memanfaatkan keterampilan kepemimpinan ini,” kata Mark Smith, seorang profesor dan teknologi bisnis dan pemimpin studi pascasarjana di University of Advancing Technology di Tempe, Ariz. “Pemimpin TI yang menginspirasi orang lain. dapat memobilisasi orang untuk menyelesaikan proyek dan mencapai banyak hal hebat. ” Untuk menginspirasi staf dan kolega, seorang pemimpin perlu memperoleh dan mengasah kecerdasan emosional dan keterampilan komunikasi yang kuat, tambahnya.

Pemimpin TI juga dapat menginspirasi tim dengan diskusi terbuka, jujur, dan transparan yang berfokus pada strategi dan visi teknologi.

“Para pemimpin TI terbaik membuka diri untuk umpan balik dan dialog, serta mengundang orang lain di semua tingkatan untuk berkontribusi dalam membentuk visi,” kata Kim Bozzella, direktur pelaksana di perusahaan konsultan bisnis Protiviti. “Hari-hari pengikut tunanetra telah berlalu, orang menginginkan pemimpin yang mudah didekati, komunikatif, dan nyata.”

2. Kolaboratif

TI tertanam dalam rangkaian aktivitas bisnis yang terus berkembang. “Karena itu, ada banyak sekali hubungan positif yang harus dibangun di dalam organisasi TI,” kata Jerry Kurtz, wakil presiden eksekutif bidang wawasan dan data di perusahaan konsultan teknologi dan bisnis Capgemini Amerika Utara. “Keberhasilan seorang pemimpin TI dan timnya akan sangat ditentukan oleh kombinasi kualitas hubungan kolaboratif tersebut, dan kemampuan untuk membangun organisasi TI yang mampu dan siap mengikuti visi pemimpin TI.”

Para pemimpin yang mampu mempengaruhi kolaborasi yang lebih besar di seluruh organisasi mereka dan dengan pemangku kepentingan eksternal akan dapat mendorong perubahan yang sukses dan mendapatkan lebih banyak dukungan untuk manajer TI dan program mereka, Bozzella mengamati. Selain itu, para pemimpin yang mendorong inovasi kolaboratif yang lebih besar, membuat anggota tim berpikir secara berbeda dan lebih kreatif, akan dapat mencapai pengiriman

3. Mencerahkan

Memberi anggota tim informasi yang mereka butuhkan untuk berhasil menyelesaikan tugas mereka adalah hal mendasar untuk memastikan bahwa mereka memiliki arah dan konteks jangka panjang. Kemampuan untuk menceritakan kisah mengapa ada fokus pada prioritas tertentu, dengan cara yang menyambut dialog dan keterlibatan, adalah perilaku kepemimpinan yang penting, jelas Loralie Thostenson, wakil presiden senior dan petugas ahli teknologi di Liberty Mutual Insurance. “Menggunakan sifat ini secara efektif memotivasi dan menginspirasi karyawan untuk mencapai hasil yang diinginkan dengan menciptakan lingkungan di mana individu merasa dihargai,” katanya. Karakter IT Leader.

Memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan berkomunikasi dengan karyawan dan pemangku kepentingan di semua tingkat organisasi, dalam berbagai gaya dan pendekatan, merupakan kemampuan pembeda yang kritis. “Orang yang benar-benar menunjukkan kepemimpinan mampu menciptakan dan mempertahankan hubungan yang membangun kepercayaan,” kata Thostenson. “Kemampuan untuk membuat narasi persuasif dan terbuka terhadap perspektif yang berbeda sangat penting untuk berhasil menentukan peta jalan visioner dengan tim dan pemangku kepentingan dalam hal mendorong transformasi bisnis yang didukung teknologi.”

4. Visioner

Seorang pemimpin TI harus memiliki kemampuan untuk membayangkan keadaan masa depan perusahaan dan melaksanakan tujuan itu melalui manajemen perubahan, kecerdasan bisnis, pengaruh, negosiasi, dan keterampilan lain yang diperlukan untuk mencapai perubahan yang diperlukan, kata Bill VanCuren, CIO dari NCR.

“Kepemimpinan TI adalah profesi yang sepi, karena massa sebenarnya tidak ingin berubah pada awalnya dan mungkin tidak mengikuti para pengganggu awal yang mencoba menciptakan keadaan masa depan dan memimpin perubahan,” tambahnya.

Berdasarkan kebutuhan, manajer TI cenderung memprioritaskan “menjaga lampu tetap menyala” – memastikan bahwa proyek berjalan tepat waktu dan memenuhi tujuan yang ditargetkan. Pemimpin TI, di sisi lain, harus mengembangkan pandangan visioner yang lebih luas, dengan fokus pada arah baru yang dapat memberikan nilai bagi pelanggan internal dan eksternal, kata Rich Temple, wakil presiden dan CIO di Deborah Heart and Lung Center. “Pemimpin TI yang visioner dapat membangkitkan antusiasme baik dari pelanggan dan anggota tim TI untuk arah dan peluang baru [dan] untuk mempelajari hal-hal baru dan tumbuh secara profesional,” jelasnya.

5. Empati

Pemimpin TI terbaik adalah mereka yang memimpin dengan empati, kata Michael Fahey, seorang konselor eksekutif di perusahaan riset TI Info-Tech Research Group. “Mereka memahami bahwa menginspirasi anggota tim untuk menjadi yang terbaik membutuhkan penerimaan dan pemahaman yang otentik tentang motivasi dan konteks karyawan,” katanya. Dengan kata lain, mereka meluangkan waktu untuk mengenal individu tersebut dan apa yang membuat mereka tergerak. Krakter IT Leader.

Sebaliknya, seorang manajer biasanya digerakkan oleh misi dan fokus pada pekerjaan yang ada. “Meskipun jelas tidak ada yang salah dengan didorong oleh misi, pendekatan ini dapat membatasi keefektifannya,” kata Fahey. “Mereka mungkin tidak menyadari apa yang dihadapi karyawan pada tingkat pribadi, yang berarti mereka tidak selalu berada dalam posisi yang ideal untuk menginspirasi mereka agar bekerja secara optimal.”

Ketika Anda menunjukkan melalui kata-kata dan perbuatan Anda rasa hormat dan penghargaan Anda kepada bawahan Anda, Anda sedang menyiapkan panggung untuk keunggulan kepemimpinan, kata Brigadir Jenderal (pensiunan) Gregory J. Touhill, CISO federal pertama dan saat ini menjadi profesor tambahan di Universitas Carnegie Mellon. Sekolah Tinggi Sistem Informasi dan Kebijakan Publik Heinz. “Selama dinas militer saya, saya belajar bahwa manajer mengatur berbagai hal sementara pemimpin memimpin orang,” katanya. “Meskipun ada lusinan sifat penting yang dimiliki oleh para pemimpin yang hebat, saya menemukan bahwa sifat utama yang memisahkan pemimpin dari manajer adalah empati.”

Pahami dan percayalah pada bawahan Anda, dan biarkan mereka mengatur pekerjaan yang perlu dilakukan, saran Fahey. “Mengetahui siapa mereka dan apa yang memotivasi mereka adalah salah satu kompetensi yang membedakan pemimpin hebat dari yang lain.”

6. Fleksibel

Fleksibilitas, mampu dengan cekatan menangani lingkungan yang kompleks dan berubah, adalah ciri utama yang memisahkan pemimpin TI dari manajer. “Ini membutuhkan kecerdasan yang mengalir, kemampuan untuk bernalar dan memecahkan masalah dalam situasi yang unik dan baru, dan pola pikir yang berkembang,” jelas Charlie Atkinson, CEO PeopleFactors, platform penilaian bakat SDM online.

Bergantung pada situasinya, seorang pemimpin mungkin harus menggunakan teknik manajemen atau kepemimpinan untuk menyelesaikan tugas tertentu. “Peran senior lebih diarahkan pada kepemimpinan,” kata Atkinson. “Seorang CIO biasanya akan menghabiskan 20 sampai 30 persen dari waktu mereka untuk mengelola bawahan langsung mereka, dan sisanya memimpin.”

7. Penyayang – Berbelas kasih

Apa yang benar-benar membedakan seorang pemimpin TI adalah belas kasih – peduli dengan karyawan serta misi perusahaan, kata Jon Check, direktur senior solusi perlindungan dunia maya di Raytheon. “Seorang pemimpin mempromosikan pertumbuhan karier, kesejahteraan, pembelajaran berkelanjutan, dan perolehan keterampilan baru untuk seluruh tim mereka sambil melayani sebagai pembela mereka di dalam perusahaan.”

Untuk mencapai tingkat kepemimpinan ini diperlukan kepedulian yang mendalam tentang tim dan fokus pada membantu anggota tim mencapai tujuan mereka. Karakter IT Leader.

“Jalan menuju kepemimpinan membutuhkan kesabaran, fokus terus menerus, dan usaha,” kata Check. “Seorang pemimpin harus mendedikasikan waktu dan sumber daya untuk membantu kolega mereka dan bukan hanya lintasan karir mereka sendiri,” katanya. “Meskipun tampaknya mustahil untuk mengambil tanggung jawab tambahan, para pemimpin menyediakan waktu untuk hal-hal yang penting, dan di bagian atas daftar itu adalah memastikan seluruh tim akan sukses dan memiliki kemampuan untuk berkembang.”

Itu dia karakter IT Leader yang baiknya Anda miliki. Sudah kah Anda memnuhinya?

Sumber: 7-traits-that-separate-it-leaders-from-it-manager, cio.com

Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Menu
Open chat