4 Jenis Transformasi Digital

dataInsightTips
transformasi digital

4 Jenis Transformasi Digital

 

“Bagi kami, tidak ada yang lebih penting dari transformasi bisnis untuk menjadi bisnis digital…” Setiap hari, kita mendengar ungkapan ini dalam percakapan dengan para eksekutif. Alasannya jelas: teknologi digital memungkinkan cara-cara baru yang radikal untuk memberikan nilai kepada pelanggan, mengubah lanskap kompetitif, dan mengubah ekonomi pasar yang mendasarinya.

Perubahan teknologi pada dasarnya bukanlah hal baru — tetapi putaran perubahan ini terjadi dengan kecepatan yang lebih cepat daripada sebelumnya. Beberapa eksekutif menyebutkan perubahan digital menimbulkan risiko gangguan lain; risiko itu pasti nyata. Namun, meskipun teknologi baru dapat mengancam bisnis yang sudah mapan, mereka juga dapat menciptakan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Mengherankan bahwa sebagian besar korporasi masih memandang transformasi digital terlalu sempit. Ada empat jenis transformasi digital yakni, proses bisnis, model bisnis, domain, dan budaya/organisasi. Kita sering melihat perusahaan hanya berfokus pada proses atau transformasi organisasi. Kegagalan untuk menjalankan keempat jenis transformasi ini, meninggalkan nilai yang signifikan di atas tabel. Transformasi digital bersifat multidimensi, berarti pelaksanaannya haruslah sebagai tim, tidak hanya Chief Information Officer (CIO) atau Chief Digital Officer (CDO), tetapi juga kepemimpinan Strategis dan Unit Bisnis dan harus diperjuangkan secara luas oleh CEO.

Ada peluang signifikan yang diciptakan oleh teknologi baru, tetapi perusahaan yang tidak mengenali dan mengejar transformasi dalam cara multi-dimensi mungkin akan ketinggalan. Berikut empat jenis transformasi secara lebih rinci:

1.Transformasi Proses

Berfokus pada aktivitas perusahaan yang berada dalam proses bisnis. Data, analitik, API, pembelajaran mesin, dan teknologi lainnya menawarkan cara baru yang berharga bagi perusahaan untuk menemukan kembali proses di seluruh perusahaan — dengan tujuan menurunkan biaya, mengurangi waktu siklus, atau meningkatkan kualitas. Pizzahut dengan aplikasinya memungkinkan pelanggan untuk memesan produk mereka dari handphone apa pun dan di mana pun. Inovasi ini meningkatkan kenyamanan pelanggan sedemikian rupa sehingga membantu mendorong perusahaan untuk meningkatkan penjulan. Beberapa perusahaan juga menerapkan teknologi seperti otomatisasi proses robotik untuk merampingkan proses back office seperti akuntansi dan hukum. Transformasi proses dapat menciptakan nilai yang signifikan dan mengadopsi teknologi di area ini dengan cepat. Karena transformasi ini cenderung memfokuskan upaya di sekitar area bisnis tertentu, transformasi ini sering kali berhasil dipimpin oleh CIO atau CDO.

2.Transformasi Model Bisnis

Beberapa perusahaan mengejar teknologi digital untuk mengubah model bisnis tradisional. Sementara transformasi proses berfokus pada area bisnis yang terbatas, transformasi model bisnis ditujukan pada blok bangunan fundamental tentang bagaimana nilai disampaikan dalam industri. Contoh dari jenis inovasi ini terkenal, dari penemuan kembali distribusi video Netflix, penemuan kembali pengiriman musik Apple (I-Tunes), hingga penemuan kembali industri taksi oleh Uber. Tetapi transformasi semacam ini terjadi di tempat lain.

Sifat kompleks dan strategis dari peluang ini membutuhkan keterlibatan dan kepemimpinan oleh Strategi dan/atau Unit Bisnis dan mereka sering diluncurkan sebagai inisiatif terpisah sambil terus menjalankan bisnis tradisional. Dengan mengubah blok bangunan fundamental nilai, perusahaan yang mencapai transformasi model bisnis membuka peluang baru yang signifikan untuk pertumbuhan.

3.Transformasi Domain

Masih sedikit bisnis yang  berfokus pada transformasi ini, namun hal ini berpeluang besar. Teknologi baru dapat mendefinisikan ulang produk dan layanan, mengaburkan batasan industri, dan menciptakan kumpulan pesaing non-tradisional yang sama sekali baru. Yang tidak disukai oleh banyak eksekutif adalah peluang yang sangat nyata bagi teknologi baru ini untuk membuka bisnis yang sepenuhnya baru bagi perusahaan mereka di luar pasar yang saat ini dilayani. Dan seringkali, jenis transformasi inilah yang menawarkan peluang terbesar untuk menciptakan nilai baru.

Contoh yang jelas bagaimana transformasi domain bekerja adalah pengecer online, Amazon. Amazon berkembang menjadi domain pasar baru dengan peluncuran Amazon Web Services (AWS), yang sekarang menjadi layanan infrastruktur / komputasi awan terbesar, di domain yang sebelumnya dimiliki oleh raksasa TI seperti Microsoft dan IBM. Apa yang membuat masuknya Amazon ke domain ini mungkin adalah kombinasi dari kemampuan digital yang kuat yang telah dibangunnya di penyimpanan, database komputasi untuk mendukung bisnis ritel intinya ditambah dengan basis terpasang dari ribuan hubungan dengan perusahaan muda yang sedang berkembang yang semakin membutuhkan layanan komputasi untuk tumbuh. AWS bukan sekadar kedekatan atau perluasan bisnis untuk Amazon, tetapi bisnis yang sepenuhnya berbeda dalam ruang pasar yang berbeda secara fundamental. Bisnis AWS sekarang mewakili hampir 60% dari keuntungan tahunan Amazon.

Baca juga: Security Operation Center

Para Eksekutif bisnis non-teknologi mungkin tergoda untuk melihat pengalaman Amazon atau perusahaan digital-native lainnya (seperti Apple atau Google yang juga telah berkembang ke domain baru) sebagai sesuatu yang istimewa; kemampuan mereka untuk memperoleh dan memanfaatkan teknologi mungkin lebih besar dari perusahaan lain. Namun di dunia digital saat ini, kesenjangan teknologi tidak lagi menjadi penghalang. Setiap perusahaan dapat mengakses dan memperoleh teknologi baru yang diperlukan untuk membuka pertumbuhan baru — dan melakukannya dengan murah dan efisien. Teknologi blok bangunan yang membuka domain bisnis baru (kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, internet of things (IOT), augmented reality, dll.)

4.Transformasi Budaya/Organisasi

Transformasi digital jangka panjang, penuh, membutuhkan pendefinisian ulang pola pikir, proses, dan bakat & kemampuan organisasi untuk dunia digital. Perusahaan terbaik di kelasnya menyadari bahwa digital membutuhkan alur kerja yang gesit, bias terhadap pengujian dan pembelajaran, pengambilan keputusan yang terdesentralisasi, dan ketergantungan yang lebih besar pada ekosistem bisnis. Dan mereka mengambil langkah aktif untuk membawa perubahan ke organisasi mereka. Experian, agen kredit konsumen dan salah satu transformasi digital paling sukses, mengubah organisasinya dengan menanamkan pengembangan dan kolaborasi yang gesit ke dalam alur kerjanya dan dengan mendorong perubahan mendasar dalam fokus karyawan dari peralatan ke data, di seluruh perusahaan. Demikian pula, Pitney Bowes, perusahaan peralatan prangko berusia 100 tahun, berhasil melakukan transisi menjadi “perusahaan teknologi” dengan mempromosikan “budaya inovasi”, menurut kepala inovasi, dan dengan menggeser nilai-nilai perusahaan untuk fokus pada pelanggan.

Baca juga: Otomatisasi proses digital (DPA)

Namun tidak satu pun dari perusahaan ini yang awalnya berfokus pada organisasi dan budaya – menjadi digital tidak sama dengan menciptakan nilai dari digital. Alih-alih, perusahaan-perusahaan ini menarik keterampilan inovasi, pola pikir digital, dan ketangkasan ke dalam perusahaan di balik inisiatif konkret untuk mendorong pertumbuhan. Experian menyadari pentingnya memulai proyek digital mercusuar untuk membuat API internal. Ini memaksa tim untuk mengadopsi praktik alur kerja digital tetapi dengan melakukan hal itu menunjukkan kekuatan digital untuk mengubah norma organisasi lama. Kemajuan dalam inisiatif bisnis menyeret perubahan organisasi seperti pengembangan dan inovasi yang gesit. Perubahan budaya / organisasi adalah persyaratan kesuksesan jangka panjang, tetapi yang terbaik di kelas perusahaan menganggap pembangunan kapabilitas ini sebagai produk, bukan prasyarat untuk, inisiatif transformasi bisnis.

Seiring dengan peningkatan teknologi, industri akan terus dipaksa untuk berubah. Perusahaan yang menghargai dan mengejar transformasi digital dengan cara multi-dimensi akan menemukan kesuksesan yang lebih besar daripada yang tidak.

Artikel Lainnya

Menu
Open chat