Security Operation Center
Security Operation Center

5 Keterampilan Analis SOC

Membangun tim operasi keamanan atau memperbaiki tim yang sudah ada adalah tugas yang berat dan membutuhkan kemampuan kepemimpinan yang kuat. Di antara semua tantangan dalam menetapkan tim keamanan, menemukan dan mempekerjakan analis Security Operation Center atau tim analis SOC dengan keterampilan yang tepat harus menjadi prioritas utama.

Analis Security Operations Center (SOC) adalah garis pertahanan pertama dalam sebuah organisasi, dan jika analis Security Operations Center gagal mengidentifikasi musuh, tidak ada orang lain dalam organisasi yang dapat menemukannya. Untuk memperkuat infrastruktur keamanan, organisasi akan menggunakan semua alat terbaru, tetapi pada akhirnya, dibutuhkan seorang analis security operations center untuk mengoperasikan dan menganalisis data yang mereka hasilkan. Dengan tidak adanya analis ini, alat yang paling signifikan tidak akan berguna. Seorang profesional yang berkualitas dan terampil akan dapat memainkan peran tersebut. Jadi mari kita lihat untuk memahami apa yang membuat analis SOC menjadi analis terkemuka yang bekerja sebagai pertahanan garis depan.

Definisi Analis SOC

Definisi Analis SOC

Mirip dengan analis keamanan siber, analis SOC adalah penanggap pertama ancaman siber. Mereka melaporkan ancaman ke baris pertahanan kedua dan kemudian menerapkan strategi keamanan untuk melindungi organisasi. Mungkin ada satu analis keamanan siber dalam sebuah organisasi, sedangkan analis SOC merupakan bagian dari tim keamanan yang besar. Analis keamanan memainkan peran penting dalam melindungi dari ancaman dunia maya dan menjaga keamanan informasi sensitif. Mereka bekerja dalam koordinasi dengan departemen lain dalam mengidentifikasi dan mengoreksi kekurangan dalam proses, sistem, program, dan solusi yang ada sambil merekomendasikan langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan secara keseluruhan.

Tanggung jawab Analis SOC

Tanggung jawab Analis SOC

Analis operasi keamanan adalah orang pertama yang bertanggung jawab untuk memastikan perlindungan aset digital dari akses yang tidak sah, baik secara online maupun di lokasi. Tanggung jawab utama adalah mengidentifikasi, mengamankan, dan menyingkirkan ancaman sebagai personel pertahanan garis depan. Mereka waspada dan agresif untuk menyaring aktivitas yang mencurigakan dan mengurangi risiko sebelum insiden terjadi. Ketika sebuah insiden terjadi, analis SOC adalah yang pertama melawan serangan tersebut dan melakukan upaya yang diperlukan untuk bertahan.

Baca juga: ANALIS SOC: APA ITU MEREKA, APA YANG MEREKA LAKUKAN, DAN MENGAPA ITU PENTINGÔÇ»?

Tanggung jawab khusus analis SOC adalah –

  • Memantau akses keamanan dan laporkan aktivitas mencurigakan ke level yang lebih tinggi atau anggota tim.
  • Melakukan penilaian keamanan secara teratur untuk mengidentifikasi kerentanan dan melakukan analisis risiko.
  • Analisis pelanggaran untuk mencapai akar masalahnya.
  • Menghasilkan laporan untuk administrator TI, manajer bisnis, dan pemimpin keamanan.┬áLaporan ini menjadi masukan untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan keamanan.
  • Menyarankan dan menerapkan perubahan yang diperlukan untuk melawan serangan atau meningkatkan standar keamanan.
  • menjaga agar sistem keamanan tetap mutakhir dan berkontribusi pada strategi keamanan.
  • Mendokumentasikan insiden untuk berkontribusi pada respons insiden dan rencana pemulihan bencana.
  • Melakukan audit keamanan internal dan eksternal.
  • Untuk vendor pihak ketiga, verifikasi kekuatan keamanan mereka dan berkolaborasi dengan mereka.

Keterampilan Analis SOC

Keterampilan Analis SOC:

Keterampilan utama yang diperlukan untuk analis SOC saat ini adalah sebagai berikut –

  1. Network Defenders adalah tugas utama dan oleh karena itu, mereka harus terampil dalam pertahanan jaringan. Ini membantu mereka dalam memantau, mendeteksi, dan menganalisis ancaman jaringan yang sering mengganggu jaringan melalui internet. Jaringan adalah sasaran empuk bagi penyerang dunia maya karena secara aktif terhubung ke internet dan dapat mendeteksi kerentanan secara acak. Mereka memantau lalu lintas jaringan dan menanggapi aktivitas yang mencurigakan dengan segera.
  2. Ethical Hacking Seorang analis ketika mahir dalam ethical hacking dapat mengidentifikasi potensi ancaman dan mengekspos kerentanan sehingga organisasi tetap terlindungi dari penyerang jahat. Ini juga mencakup pengetahuan tentang pengujian penetrasi di mana analis menguji jaringan, sistem, aplikasi web, dll. Untuk mendeteksi kerentanan dan melaporkannya.
  3. Incident Response Analis keamanan harus mengelola efek merugikan dari pelanggaran untuk meminimalkan dampak dan juga menyarankan modifikasi dalam kontrol keamanan yang ada untuk pencegahan di masa mendatang.
  4. Computer Forensic Untuk mencegah kejahatan dunia maya berhasil, harus mengetahui forensik komputer. Pengetahuan tentang forensik digital akan membantu mereka dalam mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan data. Analis juga dapat membuat atau mengumpulkan bukti pelanggaran untuk menghindari pelanggaran lebih lanjut.
  5. Reverse Engineering memahami kinerja program perangkat lunak sehingga analis dapat menambal bug.

 

Selain itu, analis SOC diharapkan mahir dengan berbagai keterampilan sistem operasi, SIEM, keamanan aplikasi, dan lainnya. Analis SOC yang sukses memiliki pemikiran analitis, memiliki keterampilan interpersonal, dan merupakan pemain tim.

 

Security Operation Center

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Admin Biztech