10 Aplikasi CRM yang Harus Anda Pertimbangkan untuk Bisnis Anda
Insight Tips

10 Aplikasi CRM yang Harus Anda Pertimbangkan untuk Bisnis Anda

5/5 - (3 votes)

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) menjadi salah satu alat penting yang digunakan oleh perusahaan untuk memudahkan proses manajemen hubungan dengan pelanggan. Dengan adanya aplikasi CRM, perusahaan dapat menyimpan informasi pelanggan, memantau aktivitas pelanggan, dan memaksimalkan kesempatan penjualan.

Berikut adalah rekomendasi aplikasi CRM terbaik yang dapat membantu mengoptimalkan bisnis Anda:

1. HubSpot CRM

Hubspot CRM merupakan aplikasi CRM gratis yang dapat digunakan oleh perusahaan. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap, seperti pelacakan aktivitas pelanggan, pengelolaan lead, dan integrasi dengan alat penjualan lainnya. Selain itu, Hubspot CRM juga memungkinkan perusahaan untuk membuat email marketing dan kampanye iklan secara otomatis.

Baca juga : Perbedaan antara Software CRM Cloud dan On-Premise

2. Salesforce CRM

Salesforce CRM merupakan aplikasi CRM terpopuler di dunia. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti pelacakan aktivitas pelanggan, analisis data, dan integrasi dengan alat penjualan lainnya. Salesforce CRM juga dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi lainnya, seperti Google Drive, Dropbox, dan Microsoft Outlook.

3. Zoho CRM

Zoho CRM merupakan aplikasi CRM yang cocok untuk perusahaan kecil dan menengah. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap, seperti pengelolaan lead, pelacakan aktivitas pelanggan, dan integrasi dengan alat penjualan lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan pencatatan stok dan inventaris.

Baca juga : Mengoptimalkan Bisnis Anda dengan Software CRM: Meningkatkan Efisiensi dan Kepuasan Pelanggan

4. Pipedrive

Pipedrive merupakan aplikasi CRM yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan meningkatkan penjualan. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap, seperti pelacakan aktivitas pelanggan, pengelolaan lead, dan integrasi dengan alat penjualan lainnya. Pipedrive juga dilengkapi dengan grafik dan laporan yang memudahkan perusahaan untuk menganalisis data penjualan.

5. Freshsales

Freshsales merupakan aplikasi CRM yang dilengkapi dengan fitur pelacakan aktivitas pelanggan, pengelolaan lead, dan integrasi dengan alat penjualan lainnya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur email dan telepon, yang memudahkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Baca juga : Data Center Managed Services: Solusi Terbaik untuk Pengelolaan Infrastruktur IT Anda

6. Agile CRM

Agile CRM merupakan aplikasi CRM yang dirancang untuk membantu perusahaan meningkatkan penjualan dan pelayanan pelanggan. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pelacakan aktivitas pelanggan, pengelolaan lead, dan integrasi dengan alat penjualan lainnya. Selain itu, Agile CRM juga dapat digunakan untuk membuat email marketing dan kampanye iklan secara otomatis.

7. Bitrix24

Bitrix24 merupakan aplikasi CRM yang mencakup fungsi manajemen proyek, komunikasi tim, dan fitur kolaborasi. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pelacakan aktivitas pelanggan, pengelolaan lead, dan integrasi dengan alat penjualan lainnya. Bitrix24 juga dilengkapi dengan fitur analisis data yang memudahkan perusahaan untuk menganalisis data penjualan.

Baca juga : Mengenal Security Operation Center (SOC): Mata dan Telinga untuk Keamanan Digital

8. Insightly

Insightly merupakan aplikasi CRM yang dirancang untuk membantu perusahaan kecil dan menengah meningkatkan penjualan. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pelacakan aktivitas pelanggan, pengelolaan lead, dan integrasi dengan alat penjualan lainnya. Insightly juga dapat digunakan untuk membuat email marketing dan kampanye iklan secara otomatis.

9. Mekari Qontak

Mekari Qontak merupakan aplikasi CRM lokal yang menyediakan fitur lengkap untuk mengelola penjualan, pelayanan, marketing, dan prospek dalam bisnis. Selain itu, aplikasi ini juga dapat terintegrasi dengan lebih dari 500 aplikasi lainnya, seperti Email, Twitter, dll. Mekari Qontak juga menyediakan berbagai sumber belajar dan dukungan untuk penggunanya, seperti blog, ebook, dan kursus online. Beberapa kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat digunakan secara gratis hingga 5 pengguna, fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, memiliki fitur AI untuk memberikan saran dan prediksi, serta memiliki fitur database management dan ordering dan ticketing system. Namun, aplikasi ini masih belum memiliki versi mobile, fitur laporan dan analisis yang detail, dan fitur pemulihan bencana.

10. FreshworksĀ  CRM

Freshworks CRM merupakan sebuah aplikasi CRM yang akan memudahkan manajemen prospek, penjualan, pelayanan, dan pemasaran bagi penggunanya dengan biaya yang harus dibayarkan terlebih dahulu. Ada lebih dari 60 aplikasi yang dapat diintegrasikan dengan Fresh Works CRM, seperti Gmail, Outlook, Google Calendar, dan Zapier, dan memiliki tampilan yang responsif pada perangkat mobile. Ada beberapa kelebihan yang membuat Fresh Works CRM menonjol, termasuk adanya fitur AI yang disebut Freddy, fitur email tracking, fitur chatbot dan live chat, serta fitur telepon dan SMS yang berguna. Freshworks CRM juga dilengkapi dengan fitur dasbor dan laporan. Meskipun ada kelebihan, namun terdapat beberapa kekurangan, seperti fitur kustomisasi terbatas, fitur integrasi sosial media yang minim, dan kurangnya fitur manajemen proyek.

Baca juga : Mengenal GRC Software : Definisi, Manfaat, dan Pilihan Terbaik

Sebagai alat yang penting dalam mengoptimalkan bisnis, pemilihan aplikasi CRM yang tepat menjadi sangat penting. Berbagai aplikasi CRM yang telah disebutkan di atas memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Oleh karena itu, sebelum memilih aplikasi CRM yang akan digunakan oleh perusahaan, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan bisnis dan fitur yang dibutuhkan.

Data Storytelling

Bergabunglah dengan Program Data Storytelling kami sekarang untuk memahami bagaimana data bisa bercerita dan memengaruhi keputusan bisnis Anda!

 

 

Referensi

Rekomendasi 10 Aplikasi CRM Terbaik Untuk Mengoptimalkan Bisnis Anda (giznet.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Admin Biztech