10 Alasan Mengapa Organisasi dan Bisnis Anda Membutuhkan Solusi Perangkat Lunak

data, Insight, Tips, Uncategorized
10 Alasan Mengapa Organisasi dan Bisnis Anda Membutuhkan Solusi Perangkat Lunak

Dunia bisnis terus bertumbuh dan berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Jika tak mau tertinggal, perusahaan harus mewaspadai perubahan itu dan terlibat didalamnya. Penggunaan software dalam meningkatkan layanan, tugas dan proses, serta pengelolaan data di perusahaan, sejatinya bukanlah sesuatu yang baru, namun semakin lama semakin penting. Saat ini bahkan hanya dengan satu tap, pelanggan Anda dapat berpindah ke kompetitior. Perangkat lunak yang ada saat ini memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda, bergantung dari kebutuhan masing-masing bisnis. Tentu, semakin spesifik dan khusus software Anda semakin baik kita dapat membantu Anda dan organisasi dalam mencapai tujuan.

Apa itu solusi perangkat lunak (software solution)?

Solusi perangkat lunak adalah sebuah program yang memudahkan Anda dalam melakukan tugas-tugas yang memakan waktu dan mengotomatiskan tugas rutin Anda. Dalam proses pengembangannya, perangkat lunak dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan Anda secara spesifik. Setiap bisnis maupun organisasi besar dan kecil, membutuhkan perangkat lunak untuk membantunya bertumbuh dalam dunia yang semakin digital ini.

Mengapa solusi perangkat lunak?

Kustomasi pengembangan perangkat lunak memungkinkan Anda membuat perangkat lunak yang dibuat sesuai dengan kebutuhan unik perusahaan Anda yang berlaku untuk kebutuhan bisnis tertentu.

Dengan banyaknya perangkat lunak yang dibuat secara komersial, sebagian besar perusahaan mungkin tidak merasa perlu untuk membuatnya sendiri. Namun terbukti bahwa ketika perangkat lunak dibangun untuk memenuhi kebutuhan spesifik suatu perusahaan, maka perusahaan dapat mempercepat efisiensi dan kinerjanya serta dapat dengan mudah mengungguli pesaingnya.

Di bawah ini adalah 10 alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan kustomasi pengembangan perangkat lunak:

1. Dibangun Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Kustomasi pengembangan perangkat lunak berarti bahwa aplikasi dan program akan sepenuhnya disesuaikan untuk perusahaan Anda. Dengan demikian, perangkat lunak yang Anda miliki,  mudah digunakan dan dapat diterapkan di seluruh organisasi Anda.

Setiap bisnis bersifat unik dan seringkali sulit untuk menemukan solusi yang dapat digunakan untuk semua proses yang dilakukan. Pilihan untuk mengkustomasi produk sesuai dengan yang Anda butuhkan, tidak hanya memberi Anda banyak ruang dan kemungkinan pertumbuhan, tetapi juga berarti Anda menganggap serius pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan Anda.

2. Perangkat Lunak Kustom Lebih Aman

Ketika perangkat lunak dikembangkan khusus untuk perusahaan Anda, maka ancaman peretasan eksternal berkurang. Dengan solusi perangkat lunak yang disesuaikan, Anda dapat melindungi semua data yang terkait dengan bisnis Anda dan mengetahui bahwa data tersebut aman.

Keamanan yang ditingkatkan yang ditawarkan oleh aplikasi yang khusus dikembangkan bagi Anda, tidak dapat dibandingkan dengan perangkat lunak komersial lainnya, karena perangkat lunak Anda tidak tersedia untuk digunakan oleh perusahaan lain.

3. Keterlibatan dalam Proses Desain

Tidak ada yang tahu bisnis Anda lebih baik dari Anda. Dengan berinvestasi dalam pengembangan kustomasi perangkat lunak, Anda dapat berpartisipasi dalam proses pengembangannya dan  menyarankan fungsi-fungsi yang diperlukan.

4. Biaya Lebih Rendah

Seringkali, lisensi perangkat lunak standar disertai dengan kebutuhan untuk membeli perangkat keras tambahan untuk beroperasi secara efisien, yang dapat menjadi biaya besar. Dengan mengembangkan perangkat lunak Anda sendiri, Anda memerlukan lebih sedikit investasi dibandingkan dengan perangkat lunak yang tersedia di pasar.

Return On Investment adalah salah satu poin utama yang dibutuhkan perusahaan. Solusi perangkat lunak membuat alur kerja Anda semakin cepat dan semakin meningkatkan ROI Anda.

5. Menjadi Lebih Unggul dalam Kompetisi Anda

Tujuan utama dalam memiliki solusi perangkat lunak adalah membuat bisnis Anda lebih efisien dan dapat diakses, namun dengan perangkat lunak yang dikustomasi, Anda memiliki pembeda yang tidak dimiliki oleh rata-rata pesaing Anda. Ketika Anda menggunakan perangkat lunak yang sama persis dengan yang Anda inginkan, kecil kemungkinan Anda akan mampu membedakan diri Anda secara efektif dan secara bertahap naik di pasar.

Jika Anda menawarkan layanan yang efisien karena proses bisnis Anda dioptimalkan, Anda akan mendapatkan keunggulan.

6. Otomasi aktivitas sehari-hari

Di sebuah perusahaan, beberapa tugas diulang terus menerus. Perangkat lunak yang baik mengotomatiskan beberapa di antaranya dan memberikan waktu luang yang dapat digunakan untuk menemukan pelanggan baru, melatih karyawan Anda dengan lebih baik, atau menambahkan layanan baru pada apa yang sudah Anda tawarkan.

Jika Anda mencari otomatisasi tugas bisnis sehari-hari, perangkat lunak khusus dapat menjadi sumber yang bagus untuk mencapai otomatisasi.

7. Mengurangi kesalahan manusia

Ketika bisnis Anda beroperasi secara manual, kemungkinan terjadinya kesalahan manusia jauh lebih besar. Dengan solusi perangkat lunak untuk bisnis Anda, Anda dapat mencegah kesalahan tersebut berakibat fatal bagi bisnis Anda.

8. Integrasi dengan perangkat lunak lain

Tidak semua perangkat lunak yang siap pakai dan tersedia di pasar selalu kompatibel dengan peralatan Anda. Pengembangan perangkat lunak kustom menciptakan lingkungan yang lebih mudah untuk mengintegrasikan produk Anda dengan perangkat lunak lain yang sudah digunakan.

Perangkat lunak khusus menghindari masalah integrasi dan dapat dengan mudah masuk ke dalam ekosistem perangkat lunak bisnis apa pun dan memungkinkan integrasi dengan paket perangkat lunak lain tanpa kesalahan.

9. Dukungan teknis keselamatan

Keuntungan besar lain, adalah Anda akan memiliki akses ke tim dukungan teknis yang berpartisipasi dalam proses pengembangan aplikasi, sehingga semua masalah Anda akan diselesaikan secara efisien.

10. Perjanjian Lisensi Perangkat Lunak Kustom

Saat Anda mengembangkan perangkat lunak kustom untuk bisnis Anda, Anda memiliki semua hak atas perangkat lunak dan kode yang mendukungnya, yang memberikan kontrol lebih.

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana memilih perusahaan perangkat lunak? Jangan ragu untuk menghubungi kami.

 

Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Menu
Open chat