Bagaimana Perangkat Lunak Mengubah Dunia?

data, Insight, Tips
Bagaimana Perangkat Lunak Mengubah Dunia?

 

Bagaimana Perangkat Lunak Mengubah Dunia?

Perangkat lunak ada di sekitar kita, namun hanya sedikit orang yang memikirkan bagaimana perangkat lunak telah mempengaruhi dunia setiap hari. Darimana sejarah perangkat lunak dimulai? Dari mana asal kebutuhan perangkat lunak? Bagaimana ilmu komputer berkembang di masa-masa awal untuk mencapai pencapaian menakjubkan yang mengelilingi kita saat ini? Mari jelajahi semua pertanyaan ini dan lebih banyak lagi saat kita mempelajari lebih dalam sejarah perangkat lunak. Perkembangan perangkat lunak dari akhir tahun 1930-an hingga saat ini adalah kisah yang menarik dan hanya sedikit orang yang mengetahui semua detailnya.

Sejarah komputasi sering dikatakan dimulai dengan masalah taktis yang perlu diselesaikan oleh para insinyur dalam Perang Dunia II, tetapi baru pada tahun 1941 para insinyur Konrad Zuse merancang komputer digital yang mampu menggunakan perangkat lunak untuk memecahkan masalah umum. Selama tahun 1950-an, bahasa pemrograman standar muncul dari kebutuhan untuk mereproduksi perangkat lunak lama pada perangkat keras baru. Pada tahun 1960-an, perangkat lunak – sampai kemudian diberikan secara gratis dengan komputer baru – diproduksi dan dijual kepada pengguna akhir. Pada tahun 1980-an, perusahaan perangkat lunak melihat potensi dalam antarmuka grafis yang mudah digunakan yang sekarang kita kenal; Apple mulai memproduksi sistem operasi pada pertengahan tahun 1980-an dan Microsoft pada awal tahun 1990-an, yang mengarah ke era perangkat lunak yang nyaman dan cepat.

Saat ini, perangkat lunak ada di sekitar kita. Pada tahun 2008, jumlah komputer pribadi di dunia melampaui satu miliar; hingga Desember 2013, para ahli memperkirakan ada 1,4 miliar smartphone yang digunakan, dan tahun 2020 mencapai 3.5 miliar. Masing-masing perangkat ini diatur oleh sistem operasi perangkat lunak yang sangat kompleks dengan banyak fungsi yang saling terkait. Namun, itu baru menggores permukaan dari apa yang dilakukan perangkat lunak. Perangkat lunak digunakan oleh bisnis untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Ini digunakan untuk mengoperasikan beberapa mesin medis paling kompleks. Ini mengatur pembangkit nuklir, jaringan listrik, dan utilitas lain yang menyediakan dasar-dasar kehidupan. Tentu saja, mereka juga berada di balik pengoperasian yang aman lebih dari 102,465 penerbangan maskapai komersial di seluruh dunia setiap harinya.

Software membantu membuat hidup nyaman. Misalnya, perangkat lunak komputer semakin memudahkan untuk terhubung dengan teman di seluruh dunia menggunakan jejaring sosial. Seiring perangkat lunak menjadi lebih terintegrasi ke dalam elektronik dan peralatan, itu akan terus menyederhanakan tantangan hidup. Sebagai contoh, setiap orang mengetahui betapa mudahnya berkendara dari titik A ke titik B berkat perangkat lunak GPS terpasang. Lemari es sekarang dapat memberi tahu pemilik tentang makanan busuk; lampu di sekitar kota dan di rumah Anda dapat menjadi cerah saat mendeteksi Anda berjalan dalam kegelapan; televisi dapat memberikan saran dan merekam acara favorit Anda berdasarkan preferensi Anda.

Apa pun masa depan, merupakan taruhan yang baik bahwa perangkat lunak akan tetap menjadi bagian yang sangat penting darinya. Ketika perangkat lunak komputer menjadi lebih canggih, itu akan membantu orang dengan tantangan yang lebih kompleks. Di masa depan, perangkat lunak bahkan dapat membantu kita mengatur dan meningkatkan tubuh kita sendiri! Teknologi yang dapat dikenakan saat ini dan perangkat medis implan hanyalah permulaan dari apa yang dapat dilakukan perangkat lunak generasi berikutnya. Betapa pun menakjubkannya, penting untuk mengingat masa lalu dan jalan panjang yang ditempuh perangkat lunak untuk menjadi alat yang sangat diperlukan seperti saat ini.

Jadi, apa yang sudah Anda lakukan dalam mengadopsi perubahan ini?

Ceritakan pada kami melalui kolom di samping.

Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Menu
Open chat