Maksimalkan Bisnis Anda dengan Teknologi Cloud

Insight, Tips
Bagaimana Anda Dapat Melindungi Data Anda?

Beberapa orang masih menyimpan uang di bawah kasur mereka (atau di berbagai lokasi perumahan lainnya) sebagai bentuk perlindungan. Dengan alasan yang sama, banyak bisnis ragu untuk memindahkan data mereka dari tempat fisik ke penyimpanan online karena tampaknya lebih mudah untuk melindungi data Anda ketika ada di tempat. Tetapi kontrol tidak sama dengan keamanan.

Jadi bagaimana Anda bisa melindungi data Anda di cloud?

Salah satu cara umum perusahaan memecahkan masalah ini adalah dengan menggunakan model solusi cloud hybrid, di mana data sensitif disimpan di tempat sementara cloud menyimpan email dan informasi serta aplikasi lain yang kurang penting. Data Anda yang paling berharga tidak akan berisiko. Dan model hybrid bekerja sangat baik jika Anda mencoba memanfaatkan cloud untuk bisnis.

Namun, kenyataannya adalah bahwa lebih dari setengah dari semua pelanggaran data berasal dari kesalahan manusia – kata sandi yang buruk, koneksi Wi-Fi yang tidak aman, dan hak akses yang luas. Kebiasaan ini akan membuat data Anda rentan baik di cloud atau di tempat.

Kuncinya adalah untuk mendidik dan melatih karyawan Anda dalam pemeliharaan dan keamanan kata sandi yang tepat, mengenkripsi file Anda, dan menggunakan solusi cloud terenkripsi. Manfaat dari hal ini adalah bahwa kebiasaan-kebiasaan ini akan diterjemahkan ke dalam bentuk keamanan data lainnya, meningkatkan proses yang sudah Anda miliki.

Satu catatan terakhir: baca syarat dan perjanjian ketika terlibat dengan penyedia cloud. Keamanan cloud adalah tanggung jawab bersama. Ketahui dengan tepat apa tanggung jawab Anda dan buat rencana untuk implementasi dan pemantauan.

Seperti Apa Strategi Migrasi Cloud?

Tidak ada startegi migrasi cloud satu ukuran untuk semua. Jika Anda ingin memanfaatkan cloud untuk bisnis, Anda harus melakukan hal yang paling sulit terlebih dahulu, yaitu Perencanaan. Persiapan yang memadai adalah langkah yang paling penting dalam menerapkan solusi cloud.

Bermigrasi ke cloud bukan tentang membuat satu lompatan raksasa. Alih-alih, dengan mengikuti roadmap pengembangan cloud, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dan terarah menuju tujuan Anda. Tim Anda perlu menentukan model pengembangan cloud (publik, pribadi, atau hibrida) dan melakukan penilaian ketergantungan aplikasi. Hal ini mungkin akan melibatkan aktivitas untuk meneliti serta mengidentifikasi software-as-a-service (SaaS) yang berpotensi dapat menggantikan perangkat lunak di tempat yang ada. Aplikasi SaaS dirancang untuk bekerja dengan solusi cloud tertentu, dan mereka menawarkan transisi migrasi cloud yang lancar.

Anda harus mengoordinasikan jadwal migrasi Anda dengan solusi perangkat keras yang ada. Pertimbangkan siklus hidup perangkat keras Anda sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda akan mendapatkan manfaatnya. Hal ini juga dapat membantu memudahkan transisi, dengan anggapan perangkat keras Anda tidak berakhir seumur hidup secara bersamaan.

Alih-alih mengabdikan tim TI Anda untuk analisis kecil dan penelitian yang terlibat dalam analisis ini, pertimbangkan untuk membawa tim layanan TI terkelola yang dapat menurunkan tugas-tugas ini.

Bagaimana Anda Dapat Meningkatkan Cloud Untuk Strategi Bisnis?

Salah satu manfaat terbesar cloud adalah skalabilitas dan model harganya. Tidak seperti tingginya fixed-price dari pusat data pribadi, model cloud pay-as-go-go memungkinkan tim eksekutif untuk mengembangkan strategi yang lebih agresif dan berkembang seiring perubahan pasar. Ini secara langsung berkaitan dengan skalabilitas karena strategi secara langsung berkaitan dengan pertumbuhan dan biaya. Perubahan pasar dan pemimpin bisnis dapat melakukan investasi yang salah; model cloud agak mengurangi risiko ini, menempatkan tim kepemimpinan pada posisi untuk mengurangi jika perlu.

Memanfaatkan solusi cloud menempatkan tim TI dalam posisi untuk berinvestasi dan mengembangkan praktik yang lebih strategis dan sehat. Cara terbaik untuk memanfaatkan cloud untuk bisnis adalah dengan mempertimbangkan sumber daya apa yang tersedia yaitu waktu, ruang, dan peluang kreatif. Ini berarti fleksibilitas yang lebih besar di dalam tim dan bagi para pemimpinnya meningkatkan peluang untuk menanggapi – dan mungkin memimpin – gerakan industri.

Apa Solusi Cloud Yang Tepat Untuk Anda?

Publik? Pribadi? Hibrida? Anda harus memilih model pengembangan cloud yang cocok untuk Anda saat ini, karena apa yang berfungsi hari ini mungkin tidak selalu berhasil. Dan itu tidak masalah. Anda dapat mulai dengan model cloud pribadi hybrid on-premise dan akhirnya pindah ke cloud pribadi penuh. Atau mungkin Anda menggunakan beberapa cloud publik untuk menampung berbagai jenis data berdasarkan aplikasi SaaS.  Dengan menganalisis di mana Anda berada dan ke mana Anda ingin pergi, Anda dapat mengembangkan peta jalan komputasi awan yang membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

The Cloud Is Complex: Tinjauan

Cloud storage adalah proses menyimpan data digital dalam ruang online yang menjangkau beberapa server dan lokasi, dan biasanya dikelola oleh perusahaan hosting. Data itu disimpan secara fisik di suatu tempat, meskipun Anda mungkin tidak pernah tahu dimana lokasinya.

Cloud menawarkan keunggulan kompetitif, peningkatan pengambilan data, peningkatan teknologi kolaborasi, model pembayaran yang efisien, solusi bisnis ramah lingkungan, dan peningkatan kemampuan. Namun, peningkatan serangan keamanan informasi, ketergantungan pemasok, dan kekhawatiran atas keamanan tetap lazim.

Jenis penyimpanan cloud sangat banyak. Arsitektur Penyimpanan Cloud mengacu pada hubungan antara komponen yang diperlukan untuk membentuk jaringan komputasi awan. Ada variabilitas utama dalam arsitektur penyimpanan cloud yang diterjemahkan ke model pengembangan yang berbeda: publik, pribadi, dan hibrida. Data itu kemudian disimpan dengan cara yang berbeda dalam model-model yang berbeda ini, melalui penyimpanan file, blok, atau objek.

Untuk memanfaatkan cloud untuk strategi bisnis, tim eksekutif perlu memeriksa jalur ke cloud dan mengembangkan Roadmap Teknologi Cloud yang memetakan peta untuk memandu bisnis dari tempat mereka berada ke tempat yang ingin mereka tuju.

Artikel Lainnya

Menu
Open chat