Enterprise Resource Planning (ERP) Pentingkah Bagi Organisasi Anda?

InsightTips
Enterprise Resource Planning

Perkembangan IT yang sangat cepat tidak bisa dipungkiri telah membawa banyak perubahan bagi kehidupan berorganisasi. Namun demikian, tak bisa dipungkiri pula, bahwa, peraturan physical distancing dan work from home, untuk meredam penyebaran pandemi Covid19 ikut andil dalam mempercepat transformasi digital.

Enterprise Resource Planning Software (ERP) merupakan salah satu sistem yang digadang-gadang sangat membantu dalam mengatasi situasi tersebut. Benarkah demikian? Pentingkah ERP bagi organisasi Anda?

Definisi ERP

ERP adalah sebuah sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. ERP bersifat lintas fungsional dan bertindak mengintegrasikan dan mengotomatiskan berbagai proses bisnis yang harus terpenuhi di dalam suatu perusahaan seperti kegiatan pabrikasi, logistik, distribusi, akuntansi, keuangan, dan fungsi sumber daya manusia.

Enterprise Resource Planning (ERP) merencanakan dan mengelola sumber daya perusahaan yang dirancang untuk melayani dan mendukung berbagai fungsi dalam bentuk paket aplikasi program terintegrasi dan multi modul. Tujuannya, tidak lain ialah untuk memberikan keuntungan maksimal bagi pihak-pihak berkepentingan dengan memberikan nilai tambah melalui pekerjaan yang dibuat menjadi lebih efisien.

ERP secara modular biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distribusi persediaan (inventori), pengapalan, invoice dan akunting perusahaan. Ini berarti, ERP dapat membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia.

Mengapa (Enterprise Resource Planning) ERP?

Banyak orang berpendapat bahwa penggunaan inovasi, misalnya, perangkat lunak ERP, adalah spekulasi mahal. Dalam perspektif jangka pendek, pernyataan ini dapat dibilang masuk akal. Tetapi, jika Anda melihatnya dari perspektif jangka panjang, itu justru sebaliknya. Dalam jangka panjang, ERP memperluas efektivitas dan profitabilitas yang akan membawa keuntungan bagi organisasi Anda.

ERP Meningkatkan Produktivitas Bekerja dari Jarak Jauh

Kehadiran teknologi seperti sistem ERP yang terintegrasi dengan baik dengan smartphone atau tablet memudahkan pekerja untuk melakukan pekerjaan mereka. Teknologi memungkinkan pekerja mengakses berbagai informasi yang mereka butuhkan dari satu portal. Inovasi, misalnya, server cloud memudahkan pekerja mengambil data yang dibutuhkan kapan saja dan di mana saja selama mereka terhubung ke internet. Korespondensi juga akan lebih baik dengan meningkatnya kolaborasi antar divisi.

Proses yang Efisien

Operasional harian dalam suatu organisasi besar cenderung kompleks. Kompleksitas dapat menyebabkan kemacetan, hilangnya produktivitas, dan bahkan keterlambatan dalam informasi yang akurat. Sangat penting bagi sebuah proses proses untuk berjalan sebagaimana mestinya. ERP membantu navigasi proses yang kompleks, menghentikan entri ulang data, yang menguntungkan banyak departemen.

Bagaimana Implementasi ERP?

Secara umum, proses implementasi ERP dimulai dari menentukan scope implementasi, mencari vendor ERP, requirement gathering, implementasi ERP, hingga proses testing. Proses ini memakan waktu cukup lama karena perusahaan dan vendor harus bekerja sama agar sistem ERP bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang unik.

Namun demikian, biasanya, vendor ERP tidak membangun sistem dari awal. Mereka sudah memiliki templat sistem yang disesuaikan dengan kepentingan bisnis klien mereka. Misalnya, vendor ERP yang menargetkan perusahaan besar, telah menyiapkan sistem yang bisa memudahkan operasi bisnis standar enterprise. Barulah templat tersebut disesuaikan dengan keinginan tiap perusahaan.

Baca Juga:

Video Conference disusupi? Tips Aman Video Conference

Semakin banyak penyesuaiannya, maka semakin lama proses implementasinya. Implementasi ERP berbasis Cloud cenderung lebih cepat dan sederhana dibandingkan dengan implementasi ERP konvensional. Jadi, ada baiknya dipertimbangkan dengan baik jenis deployment ERP mana yang lebih bermanfaat bagi perusahaan Anda. Sekarang, Anda telah mengetahui apa itu ERP software, kegunaan, serta implementasinya secara singkat. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengidentifikasi berbagai tantangan yang Anda hadapi dan solusi yang Anda butuhkan.

Jika Anda mengalami kendala terkait identifikasi permasalahan Anda, ataupun implemnasi seperti apa yang Anda butuhkan, BizTech memberikan layanan konsultasi gratis bagi Anda. Cukup dengan menghubungi CS yang ada untuk mengatur jadwal.

Artikel Lainnya

Menu
Open chat