Scrum
Tips

Jadi Scrum Master Handal, Berikut Hal Wajib Diketahui Tentang Scrum

Perkembangan saat ini membuat banyak bermunculan startup dengan teknologi sebagai produk unggulan. Semakin banyak startup teknologi bermunculan, maka kompetisi menjadi semakin ketat. Ketika persaingan ketat, siapa yang lebih cepat masuk ke pasar dan memberikan nilai kepada user akan menang. Pada kondisi inilah dibutuhkan scrum master. Siapa pun yang berminat berkecimpung di bidang teknologi tentu harus memahami apa itu scrum master. Lalu, apa itu sebenarnya scrum master, dan bagaimana perannya dalam perusahaan? Simak penjelasan berikut ini seputar scrum master.

Apa Itu Scrum Master?

Scrum

Sebelum mengetahui apa itu scrum master, maka perlu dipahami terlebih dahulu apa yang disebut dengan scrum. Scrum merupakan kerangka kerja agile yang sangat populer. Perusahaan atau organisasi yang melakukan transformasi agile kebanyakan akan menggunakan Scrum dalam proses mereka bekerja.

Scrum memiliki ciri khas akan kesederhanaannya. Cara kerja Scrum memungkinkan perusahaan bekerja dengan jauh lebih mudah dan tidak perlu ribet. Scrum mempertemukan dan menjadi penyeimbang antara bekerja ‘semau Anda’ dengan bekerja ‘menggunakan petunjuk’.

Hal yang membuat orang menyukai kerangka kerja Scrum ini adalah memberikan orang atau tim kejelasan tentang apa yang perlu dilakukan dan apa yang menjadi fokus utama untuk dikerjakan oleh tim.

Setelah memahami scrum, selanjutnya Anda bisa mengetahui apa itu scrum master. Secara sederhana scrum master adalah orang yang menguasai tentang scrum. Itulah kenapa disebut Scrum Master.

Scrum Master berarti orang yang bertanggung jawab untuk memastikan berjalannya nilai-nilai agile dan kerangka kerja scrum dalam sebuah proyek. Scrum master akan membantu tim melakukan eksekusi proyek dan memfasilitasi Scrum Event dalam sebuah tim seperti rapat stand-up harian, rapat perencanaan Sprint, demo, Sprint Retrospective, dan sebagainya.

Kehadiran Scrum Master dalam sebuah tim di sebuah proyek membantu tim untuk saling meningkatkan kerja sama satu sama lain, akuntabilitas sesama anggota tim, dan mengambil tanggung jawab.

Tugas Scrum Master

Scrum

 

Baca juga:

Software CRM Terbaik untuk Pengembangan Bisnis

Pentingnya Privasi dan Perlindungan Data di Era Perkembangan Teknologi

Terdapat sejumlah pekerjaan dan tugas Scrum Master di sebuah proyek. Berikut ini empat tugas besar dari Scrum Master yaitu:

  1. Scrum Master menjelaskan konsep agile dan apa itu Scrum kepada para stakeholder yang ada di perusahaan.
  2. Memberikan saran dan menjadi  coach bagi Product Owner terkait bagaimana cara terbaik untuk berkolaborasi dengan orang-orang yang terlibat dalam tim.
  3. Memfasilitasi perubahan yang terjadi pada sebuah perusahaan.
  4. Menjadi coachbagi tim development. Sebagai seorang coach, Scrum Master akan memfasilitasi tim development untuk memilih pekerjaan yang bisa komitmen di dalamnya dan membantu mereka untuk mengerjakannya.

Scrum

 

Kemampuan Utama Harus Dimiliki Scrum Master

Ada kemampuan utama yang penting dikuasai Scrum Master, apa sajakah kemampuan utama itu?

  1. Empati

Scrum Master bekerja layaknya seorang leader, maka penting sekali untuk terus menumbuhkan rasa empati kepada anggota timnya. Bahkan Scrum Master akan bertemu dengan orang dari berbagai level posisi. Untuk itu Scrum Master perlu punya pemahaman tentang apa yang menjadi motivasi bagi seseorang melakukan sesuatu.

Mengasah empati ini berarti mengasah kemampuan untuk menempatkan diri  pada posisi orang lain. Dengan adanya simpati membuat Scrum Master dapat menciptakan hubungan positif dan bisa membuat Scrum bekerja pada beberapa level yang berbeda.

  1. Kemampuan Memberikan Pelatihan (Training) dan Menjadi Seorang Coach. 

Diketahui,  tugas utama seorang Scrum Master adalah memberikan pemahaman terkait Scrum pada seluruh stakeholder yang ada di perusahaan. Sehingga Scrum Master perlu membekali diri untuk bisa menjadi pelatih dan memberikan pelatihan agar semakin banyak orang yang paham tentang penggunaan Scrum dan memahami perannya dalam Scrum.

  1. Kemampuan Mengatasi Masalah (Problem Solver).

Memiliki empati maka Scrum Master akan mengetahui apa saja masalah yang sedang dihadapi oleh Product Owner, Stakeholder, Developers, Designer, bahkan pemilik perusahaan. Ketika Scrum Master mengetahui apa saja masalah mereka maka ia perlu hadir berperan untuk menjadi seorang pemecah masalah dan memberikan solusi yang bisa membantu untuk memecahkan masalah.

  1. Paham Teknologi

Sebagian besar waktu Scrum Master akan dihabiskan bertemu dengan tim developers. Oleh karena itu, penting untuk mengerti tentang bagaimana dunia seorang developers. Scrum Master akan lebih dihargai oleh tim ketika ia bisa menyelesaikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh tim developers.

Siapa Pengguna Scrum?

Pengguna scrum biasanya adalah orang-orang yang bekerja di bagian IT saja, seperti developer. Namun bukan hanya itu saja,  Scrum bisa juga dipakai oleh orang yang bekerja dalam dunia engineer. Selain itu, fakta sudah membuktikan bahwa framework ini juga dipakai seluruh karyawan FBI dan juga dari orang pemasaran.

Tak ingin ketinggalan dari jadwal konstruksi bangunan, maka para kontraktor dan orang yang mengerjakan proyek di sana harus menggunakan cara ini. Semua orang dengan profesi yang sudah disebutkan tadi terbiasa menggunakan cara ini, terutama saat harus memanfaatkan email campaign.

Pada intinya, Scrum berguna membantu orang yang menggunakannya dapat menyelesaikan proyek dengan tepat waktu. Hal tersebut memungkinkan untuk dapat mengerjakan proyek dengan jumlah yang jauh lebih banyak di masa depan dan dalam waktu yang lebih singkat.

Baca juga: Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Scrum Master

Beberapa Jenis Scrum Master

Ada beberapa jenis Scrum yang bisa dipilih penggunanya. Pastinya memanfaatkan jenis tersebut juga harus sesuai dengan tujuannya. Berikut jenisnya yang dapat kamu ketahui:

  1. Product Owner

Framework jenis ini dipakai untuk memastikan seluruh proses yang terlibat dalam suatu bisnis berjalan lancar. Cara ini bisa dipakai untuk melindungi tim pada suatu proyek.

Tanggung jawab pemilik produk memegang visi penting terhadap apa yang dibuatnya. Ia akan bertugas dalam menyampaikan visi kepada seluruh tim. Tugas tersebut berupa penilaian Stakeholder.

  1. Scrum Master

Scrum master adalah orang yang menangani semua proses scrum sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar. Nantinya scrum master bisa melindungi tim yang bertugas dari gangguan. Orang yang berada di posisi ini bertanggung jawab agar setiap orang memakai scrum bisa memahami scrum secara keseluruhan.

  1. Tim Scrum

Pada jenis ini seluruh tim yang bertugas sudah dapat mengatur diri sesuai dengan tanggung jawab masing-masing dan memiliki peran sebagai tim yang dapat berubah-ubah secara fungsionalitas. Setiap individu dalam tim akan melakukan tugas berupa analisa, implementasi, merancang, menguji, dan lain sebagainya.

Pada jenis ini, setiap orang yang berpartisipasi dalam tim akan melakukan kontribusi terhadap pekerjaan yang bisa mereka lakukan demi mampu menyelesaikan pekerjaan di setiap Sprint. Setiap individu dalam tim akan mampu bekerja secara disiplin dengan kemampuan yang mereka miliki.

Itulah penjelasan tentang seorang Scrum Master. Scrum Master bisa menjadi karir pilihan bagi Anda. Jika Anda ingin menjadi Scrum Master, tentu penting untuk mengetahui seberapa luas pemahaman Anda tentang Scrum.

 

IT Service Management

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Admin Biztech