Alert Management System

Alert Management System

Alert Management System adalah sebuah sistem real time yang mengelola profil terkait individu, ancaman, atau entitas lain yang juga secara real time memproses suatu kejadian berkenaan dengan profil yang dikelolanya dengan menyampaikan risiko dari profil tersebut.

Alert Management System memiliki 5 fungsi utama yakni:

  1. Penilaian – menghitung skor risiko untuk transaksi, profil, target, dll.
  2. Menghubungkan – analisis target jaringan sosial.
  3. Mencocokkan – terhadap daftar pantauan, mis. OFAC.
  4. Memeriksa – peraturan & kebijakan.
  5. Peraturan – analis memiliki kapasitas yang terbatas.

Namun mari kita pahami konteks mengapa alert management sangat dibutuhkan, khususnya di dunia yang transformasi digitalnya dipercepat dengan keberadaan pandemi.

Sekarang, kita hidup di dunia yang saling terhubung, dengan internet yang tidak diragukan lagi telah membuat banyak hal dalam hidup menjadi lebih mudah. Sayangnya, bersama kemudahan itu, juga muncul bahaya yang perlu dengan serius dipertimbangkan jika anda peduli dengan kemanan digital Anda.

Menurut suatu studi yang dilakukan oleh Panda Labs, pada kuartal ketiga tahun 2016 saja, ada 18 juta sampel malware baru. Yang berarti, rata-rata perharinya mencapai 200.000. Lebih dari 4.000 serangan ransomware terjadi setiap hari pada tahun 2016 – meningkat 300% dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan statistik ini, sangat mudah untuk melihat mengapa keamanan siber menjadi perhatian yang meningkat di antara organisasi di hampir setiap industri. Tapi yang paling penting adalah untuk memahami bahwa sejatinya peretas bukan sekelompok penjahat super di tempat-tempat gelap yang banyak disebar di media. Serangan siber jauh lebih mudah dari itu, hanya butuh satu fase sederhana untuk melakukan penyerangan, yakni: Kelalaian Manusia.

Menurut laporan tadi, kelalaian manusia adalah satu-satunya penyebab utama insiden dengan selisih presentase mencapai 37%. Penyebab tertinggi berikutnya yakni, phishing dan malware yang kemungkinan besarnya juga disebabkan oleh manusia sampai tingkat tertentu. Serangan phishing hanya efektif bila orang yang ditargetkan cukup naif dan tidak waspada.

Dengan pemikiran ini, meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan seputar keamanan siber adalah sangat penting bagi organisasi. Membangun sistem alert management menjadi salah satu cara paling efektif untuk mencapai hal itu dengan tepat.

Alert Management dalam Lingkungan TI Modern

Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Menu
Open chat