Upgrade Skill saat Puasa dan Physical Distancing

InsightTips

Upgrade Skill saat Puasa dan Physical Distancing

Sudah lebih dari satu bulan kita melakukan physical distancing sambil menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Orang-orang sudah mulai bosan menghabiskan waktu dengan hanya rebahan di rumah, tetapi bingung karena rasanya hidup begini-begini saja. Dengan waktu yang rasanya lebih luang, muncullah keinginan untuk meningkatkan keterampilan (skill) pribadi kita, agar berguna untuk pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan enam hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan yang dapat dilakukan di rumah.

1. Melakukan riset yang cukup terkait keterampilan (skill)

Punya banyak waktu membuat kita jadi leluasa untuk melakukan riset yang cukup tanpa terburu-terburu. Kita dapat melakukan riset tentang apa saja kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan (skill) pribadi dari rumah. Apa saja yang mudah dilakukan dan apa saja yang sulit untuk dilakukan. Buat daftar kegiatan yang bermanfaat akan mempermudah kita untuk menentukan keterampilan (skill) apa yang akan kita tingkatkan.

2.Melakukan self-assessment

Terlalu lama di rumah akan membuat kita jadi banyak melamun. Daripada melamun tidak jelas, lebih baik sekalian saja kita melakukan penilaian kemampuan terhadap diri kita sendiri. Apa sih yang bisa kita lakukan? Apa sih yang kita inginkan? Apa sih yang kita butuhkan? Apa sih tujuan (goals) yang pernah dibuat dan sudah terwujud? Atau malah jauh dari kata terwujud?

3.Menentukan rencana selanjutnya

Sedang berpuasa seperti ini akan lebih baik jika sambil menentukan rencana selanjutnya. Apakah mau ada peningkatan keterampilan (skill) untuk diri kita? Ambil buku catatan, lalu mulai membuat rencana ke depan berdasarkan hasil riset serta self-assessment yang sudah kita lakukan sebelumnya. Mau meningkatkan keahlian IT kita? Mau belajar pemrograman (coding)? Mengingkatkan kemampuan Excel kita? Tidak perlu membuat rencana super rumit. Cukup rencana sederhana saja namun dapat dilakukan oleh kita.

4.Mengikuti kursus daring (online) dan pelatihan pengembangan profesional

Di saat adanya social distancing seperti ini, banyak organisasi maupun forum yang mengadakan kursus daring (online) maupun pelatihan interaktif lain, yang waktunya fleksibel untuk diikuti kapan saja. Salah satu komunitas yang banyak menyediakan pelatihan IT dengan beragam topik yaitu Hemera Academy. Banyak topik terbaru yang dibahas oleh Hemera Academy dan tentunya sangat menarik untuk dipelajari dan diikuti. Hemera Academy juga memiliki pelatihan pengembangan profesional IT yang dapat diikuti oleh berbagai jenis kalangan sehingga peserta tidak hanya mendapatkan keahlian profesional namun juga dapat memperoleh koneksi yang lebih luas lagi.

5.Mendengarkan Podcast atau Live Power Talk

Podcast merupakan salah satu bentuk konten audio yang memiliki basis siaran radio dalam ranah internet. Mendengarkan podcast dapat dilakukan sambil melakukan pekerjaan lain, jadi tidak ada waktu yang terbuang percuma. Selain podcast, ada pula beberapa Live Power Talk, contohnya seperti yang diadakan oleh Proxsis Biztech yang membahas isu-isu terkini dalam dunia IT. Tentunya sangat menarik untuk didengarkan dan diikuti.

6.Bergabung di komunitas

Ikut serta di dalam komunitas secara daring (online) merupakan salah satu wadah yang dapat dimanfaatkan untuk bertemu dengan para ahli di bidangnya. Salah satu forum yang menyenangkan (fun) untuk diikuti adalah Grup Facebook Biz Technology and Digital Transformation Forum. Forum ini berisi para ahli IT dari berbagai bidang yang memiliki topik diskusi yang beragam dan tentunya banyak ilmu yang dapat kita serap untuk meningkatkan keterampilan (skill) pribadi kita.

Kemampuan manusia untuk belajar merupakan anugerah dari Tuhan yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Daripada kebanyakan rebahan, lebih baik untuk terus aktif bukan?

Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Menu
Open chat