Tips Silaturahmi Online Dan Lebaran Dirumahaja

Insight, Tips

Tips Silaturahmi Online

Dan

Lebaran Dirumahaja

Hari Raya Idul Fitri merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia. Biasanya, masyarakat akan berbondong-bondong untuk mudik, menjadikan Lebaran sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Dengan adanya seruan #PhysicalDistancing untuk memutus rantai penyebaran dari pemerintah, lebaran tahun ini akan terasa berbeda. Kita tidak bisa lagi berkumpul secara bebas. Namun begitu, dengan kecanggihan teknologi yang ada, semestinya momen lebaran ini tetap bisa dimaknai sama. Yuk, siapkan diri untuk mengetahui cara bersilaturahmi lewat dunia digital.

Ini dia 4 tips silaturahmi online spesial untuk Anda:

1. Saling kirim Hampers

Paket berkirim barang atau makanan di momen Lebaran ini menjadi tradisi Idulfitri yang tidak boleh ditinggalkan. Meski tidak bisa bertemu dengan keluarga secara langsung, berkirim parsel Lebaran bisa menjadi alternatif cara lain yang bisa dilakukan. Kirimkan parcel Lebaran yang unik dan mengesankan untuk orang tua, kerabat kerja, atau teman dekat saat moment Hari Raya Idulfitri 2020. Ada banyak pilihan jenis parsel Lebaran yang bisa dikirimkan kepada sanak keluarga, mulai dari barang kebutuhan pokok, kue-kue, biskuit, hingga pakaian. Jangan lupa sisipkan kartu ucapan yang khusus disiapkan untuk penerima parcel ya!

2. Kirim Kartu Ucapan Lebaran Via Digital

Saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti sekarang ini, kartu lebaran digital merupakan metode untuk menjalin silaturahmi yang paling simple. Melalui kartu ucapan digital tersebut, Anda bisa mendesain sendiri kartu ucapan Lebaran dengan beberapa aplikasi. Anda dapat menggunakan kata kunci “Lebaran” untuk mencari aplikasi-aplikasi tersebut dan setidaknya ada empat aplikasi Kartu Ucapan Lebaran di Play Store. Aplikasi-aplikasi tersebut umumnya menghadirkan template ucapan Lebaran, dengan frame berhiaskan gambar masjid, beduk dan ketupat. Anda dapat menyisipkan foto dalam kartu tersebut, dan menghiasnya dengan teks serta ikon yang telah tersedia. Aplikasi kartu ucapan Lebaran ini bisa jadi alternatif kartu ucapan Lebaran yang biasa dikirim secara konvensional. Kartu ucapan Lebaran ini juga cocok dikirimkan lewat Facebook, Twitter, WhatsApp atau Twitter.

3. Stiker/GIF

Jika kartu ucapan Lebaran dirasa terlalu kaku, anda bisa menggunakan cara lainnya untuk bersilaturahmi adalah saling berkirim stiker maupun GIF di aplikasi pesan instan atau di media sosial. Salah satunya, lewat Instagram, Anda dapat memanfaatkan GIF yang tersedia. Tinggal ambil atau pilih foto atau video yang diinginkan, kemudian klik ikon GIF. Setelah itu, ketik “lebaran” atau “Idul Fitri” pada kolom pencarian, untuk mendapatkan GIF dengan tema tersebut. Selanjutnya, Anda dapat mengunggahnya di Instagram untuk konten Stories dengan menyertakan akun teman-teman Anda. Atau, Anda juga bisa menyimpannya untuk kemudian dibagikan pada obrolan grup dalam platform instan atau dikirim secara personal. Selan itu, Anda juga dapat memanfaatkan stiker di WhatsApp untuk bersilaturahmi. Jika stiker di WhatsApp dirasa kurang bertema Lebaran, Anda dapat mengunduh aplikasi stiker khusus bertema Lebaran di Play Store. Ada aplikasi “Stiker Lebaran Idul Fitri 2020” yang dikembangkan oleh Molehoy. Ada pula aplikasi “Stiker Puasa, Lebaran dan Muslimah” yang dikembangkan oleh Jaya Perkasa Abadi.

4. Panggilan video

Tidak ada yang menggantikan pengalaman bersilaturahmi secara tatap muka. Meski saat ini tidak dapat dilakukan secara langsung, Anda dapat melakukannya secara virtual dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi dan layanan dari perusahaan teknologi. Sejumlah perusahaan raksasa mengembangkan layanan konferensi videonya selama pandemi melihat peningkatan penggunaan yang signifikan karena orang-orang harus berada di rumah guna memutus rantai penyebaran virus Corona, yang tentunya dapat dimanfaatkan saat Lebaran. Ada banyak aplikasi conference call untuk melakukannya, whatsapp, google hangout, jitsi, bahkan zoom bisa digunakan.

Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir & batin, juga salam untuk seluruh keluarga ya!

 

Artikel Lainnya

Menu
Open chat
Powered by