Perangkat Lunak Berbahaya dan Bisnis Anda

data, Insight, Tips

Perangkat Lunak Berbahaya dan Bisnis Anda

 

Kita tidak bisa lagi membayangkan dunia tanpa teknologi modern. Hampir semua orang menggunakan perangkat seluler setiap hari dan bisnis tidak dapat beroperasi tanpa internet. Kemajuan hari ini meskipun memiliki risiko. Apakah Anda menyadari risiko keamanan siber malware untuk bisnis Anda? Apakah Anda tahu bagaimana itu masuk ke perangkat, sistem, dan jaringan Anda? Bagaimana itu mengakses data Anda dan bagaimana Anda dapat mencegahnya? Semua yang perlu Anda ketahui tentang perangkat lunak jahat dan cara melindungi diri Anda tercakup dalam panduan ini.

Apakah perangkat lunak berbahaya itu?

Perangkat lunak berbahaya, juga dikenal sebagai malware, dapat masuk ke komputer Anda dan melakukan tindakan tanpa izin Anda, memberikan akses penuh kepada peretas ke data, perangkat, dan sistem Anda. Anda bisa membandingkannya dengan flu biasa. Anda mungkin tidak dapat mengingat kapan tepatnya Anda terinfeksi dan bahkan mungkin tetap tidak aktif untuk sementara waktu. Namun, setelah aktif, Anda akan mulai melihat kerusakan yang sebenarnya dilakukannya. Sama seperti flu, malware berubah seiring waktu. Itu terus menjadi lebih pintar dan lebih cepat, menemukan cara baru untuk mengakses perangkat atau jaringan Anda.

Perangkat lunak berbahaya pada awalnya dirancang sebagai bentuk vandalisme dunia maya, merusak komputer atau mengubah latar belakang Anda dan mengakses informasi pribadi Anda. Sejak itu telah diadopsi oleh penjahat yang meluncurkan serangan dunia maya untuk menyimpan data bisnis dan pribadi yang berharga untuk tebusan, meretas kata sandi untuk mengakses rekening bank, atau melacak informasi untuk mencuri identitas.

Bagaimana perangkat lunak berbahaya mempengaruhi bisnis anda?

Perangkat lunak berbahaya adalah ancaman yang berkembang bagi bisnis kecil dan menengah. Ini dapat memengaruhi hampir semua perangkat – dari komputer, ponsel, atau tablet hingga sistem yang lebih besar, seperti server dan database. Ini tidak terbatas pada perangkat yang sedang online, malware dapat masuk ke pembaca kartu debit, sistem POS, ATM, dan jenis perangkat lain melalui USB, kartu yang terinfeksi, atau bahkan dimuat di pabrik.

Malware menyebabkan kerusakan pada perangkat atau perangkat lunak Anda, yang mungkin berarti perangkat Anda tidak akan beroperasi seperti biasanya atau bahkan mungkin mati sepenuhnya. Jenis malware lainnya, yang dikenal sebagai ransomware, mengunci atau menghapus file, kecuali ada uang tebusan. Perangkat lunak perusak juga dapat membuat informasi pribadi atau bisnis Anda jatuh ke tangan yang salah. Untuk bisnis dengan berbagai skala, hal ini dapat mengakibatkan waktu henti operasional, denda, kehilangan pelanggan, atau kerusakan reputasi.

Jenis bisnis perangkat lunak berbahaya yang dihadapi bisnis

Malware hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran – dan masing-masing memiliki metode pencegahan dan perawatan infeksi yang berbeda. Kami akan mempelajari jenis malware yang paling umum dan cara mengenalinya.

Ransomware mengunci file Anda dan meminta Anda membayar uang tebusan untuk membuka dan mengaksesnya lagi. Jenis malware ini dengan cepat menjadi lebih canggih. Itu dapat segera mulai menghapus file segera setelah Anda terinfeksi, menekan Anda untuk membayar. Salah satu cara paling umum agar ransomware dapat mengakses komputer Anda adalah melalui phishing. Phishing menggunakan email sebagai senjata, menyamar sebagai email yang sah dan menipu pengguna agar membuka email atau lampiran.

Trojan berperilaku seperti kuda Troya dalam mitologi Yunani. Para prajurit bersembunyi di dalam kuda untuk menembus tembok kota Troy dan menunggu sampai malam tiba untuk menyerang. Trojan bekerja dengan cara yang sama. Itu menyamar sebagai program perangkat lunak atau aplikasi tepercaya untuk masuk ke sistem Anda dan menyerang nanti. Trojan menawarkan penyamaran diri mereka sebagai unduhan game komputer dari situs web yang dibajak.

Worms adalah jenis malware yang menggunakan jaringan komputer untuk mereplikasi dirinya sendiri dan menyebar. Mereka mereplikasi diri sendiri dan tidak seperti virus, tidak memerlukan tindakan manusia untuk menyebar dengan cepat melalui komputer Anda, atau bahkan seluruh jaringan. Worm sering kali masuk ke komputer melalui kerentanan atau kelemahan keamanan.

Malware keylogger adalah ancaman berbahaya bagi privasi pengguna PC. Ini akan melacak penekanan tombol Anda dan menyimpannya dalam file tersembunyi di komputer Anda. Setelah jangka waktu tertentu, file tersebut dikirim ke peretas secara otomatis, yang akan menggunakan data penekanan tombol untuk mendapatkan kata sandi atau informasi pribadi dan bisnis Anda. Malware Keylogger sering kali memasuki sistem komputer sebagai Trojan, menyamar sebagai aplikasi atau unduhan gratis atau berguna, dan dapat memasang dirinya sendiri di dalam sistem saat pengguna mengeklik dan menjelajahi Internet atau mengunduh perangkat lunak.

Bot adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang beroperasi sebagai program komputer otomatis dan dapat dikontrol oleh satu, atau banyak, sumber luar. Bot digunakan untuk mengumpulkan informasi melalui obrolan atau program berbasis web serupa. Botnet adalah satu atau lebih bot yang dapat digunakan untuk menyerang situs web tempat peretas mengontrol beberapa komputer yang terinfeksi bot. Seorang peretas dapat menggunakan botnet untuk melakukan serangan penolakan layanan terdistribusi, mencuri data, mengirim spam, atau mengakses perangkat dan koneksi Internetnya. Untuk melakukan serangan bot atau botnet, penyerang sering kali memperoleh akses ke komputer menggunakan virus atau malware berbahaya lainnya.

Rootkit adalah malware berbahaya yang dirancang untuk akses jarak jauh atau mengendalikan komputer tanpa terdeteksi oleh pengguna atau perangkat lunak keamanan program. Dengan menggunakan rootkit, penjahat dunia maya dapat mengeksekusi file, mencuri informasi, mengubah konfigurasi, mengubah perangkat lunak, atau bahkan menginstal lebih banyak malware. Rootkit dapat dimasukkan dalam aplikasi perangkat lunak dan dapat memasuki komputer melalui serangan phishing atau melalui kerentanan keamanan. Rootkit sangat sulit untuk dihapus, jadi pencegahan adalah kuncinya.

Spyware adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang memata-matai aktivitas pengguna, mulai dari mengumpulkan penekanan tombol hingga riwayat browser hingga pengambilan data. Namun, spyware seringkali juga memiliki kemampuan tambahan, mulai dari mengubah pengaturan keamanan Anda hingga mengganggu koneksi jaringan. Spyware memasuki komputer sebagai virus, atau Trojan, atau menggabungkan dirinya dengan program tepercaya.

Virus bertindak mirip dengan bagaimana virus menyebar pada orang, virus komputer adalah perangkat lunak yang menempel sendiri ke sebuah program atau aplikasi agar dapat diaktifkan dan dapat dilalui dari komputer ke komputer atau di seluruh jaringan. Setelah terpasang, setiap kali aplikasi atau program dibuka atau dijalankan, virus juga berjalan dan dapat menginfeksi program atau dokumen lain.

Baca juga: Apa Itu Software ERP dan Kelebihan Software ERP ?

Cara perangkat lunak berbahaya dapat menyerang bisnis

Sebagian besar jenis perangkat lunak berbahaya memerlukan beberapa jenis tindakan oleh pengguna agar terinfeksi. Malware bisa menjadi sangat pintar dan menggunakan berbagai trik untuk mendapatkan akses

Email adalah metode populer untuk menyebarkan malware. Misalnya, melalui phishing, email dapat digunakan sebagai serangan manipulasi psikologis yang berisi perangkat lunak berbahaya atau tautan yang mengaktifkan malware jika target membuka lampiran email. Pengguna dapat tertipu dengan baris subjek email seperti “Anda Menang …”, “Faktur Lewat Jatuh Tempo”, dan “Pengembalian Dana Anda telah disetujui.” Pesan email harus cukup menarik untuk membujuk Anda agar mengklik. Hal terbaik untuk dilakukan saat Anda menerima email mencurigakan adalah menghapusnya.

Situs web – Malware juga dapat menyebar melalui situs web. Perangkat lunak berbahaya dapat bersembunyi sebagai iklan pop-up di halaman web atau di balik tautan ke perjudian gratis, penjualan, atau peringatan yang muncul di layar komputer Anda yang mengklaim bahwa Anda terkena virus. Jika sesuatu tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan atau tampak tidak dapat dipercaya, jangan klik.

Kerentanan – Program atau sistem operasi yang Anda gunakan mungkin memiliki kelemahan atau kerentanan yang memungkinkan penjahat dunia maya untuk membuat perubahan ini. Kerentanan keamanan ini sangat berbahaya karena peretas dapat memperoleh akses langsung ke komputer Anda untuk meluncurkan semua jenis malware yang mereka sukai. Dalam beberapa kasus, peretas bahkan dapat menonaktifkan perangkat lunak antivirus Anda. Itulah mengapa penting untuk menjaga sistem Anda tetap ditambal. Patch perangkat lunak komputer adalah sekumpulan perubahan yang diterapkan pada program atau sistem operasi untuk memperbarui, memperbaiki, atau meningkatkannya. Tambalan digunakan untuk mengatasi bug atau kekurangan, meningkatkan stabilitas sistem operasi atau aplikasi, atau memperbaiki kerentanan keamanan. Penambalan adalah bagian dari pemeliharaan preventif kritis yang diperlukan untuk memastikan perangkat lunak dan aplikasi komputer tetap diperbarui dan aman.

Pencegahan adalah pertahanan terbaik untuk melindungi UKM Anda dari Malware

Pencegahan adalah pertahanan terbaik terhadap perangkat lunak berbahaya. Ada cara-cara utama untuk melindungi diri Anda dan bisnis Anda dari infeksi malware, rekayasa sosial, atau serangan dunia maya lainnya yang merusak.

Lindungi data Anda – Apakah data disimpan di cloud, di lokasi, atau di perangkat, penting untuk memiliki perlindungan yang sesuai sehingga Anda dapat mengamankannya dan memulihkannya jika terjadi bencana atau serangan dunia maya. Perlindungan data harus mencakup keamanan jaringan, pemfilteran konten, enkripsi email, antivirus server, pencegahan kehilangan data, serta pencadangan dan pemulihan bencana.

Amankan perangkat Anda – Karena jumlah perangkat yang kami gunakan terus bertambah, hal ini menghasilkan lebih banyak gerbang untuk penyerang dunia maya. Layanan keamanan harus tersedia untuk melindungi perangkat. Perlindungan perangkat harus mencakup antivirus, manajemen patch, pemindaian kerentanan rutin, gateway web aman, dan pengerasan server web. Mengurangi permukaan serangan Anda adalah langkah pertama yang penting dalam menangani keamanan bisnis Anda.

Lindungi karyawan Anda – Karyawan harus memahami peran yang mereka mainkan dalam perlindungan perusahaan. Ini dapat menjadi tantangan bagi TI untuk mengontrolnya, tetapi menciptakan budaya keamanan siber sangatlah penting. Praktik terbaik harus mencakup otentikasi yang aman, kerja jarak jauh yang aman, mendefinisikan proses dan kebijakan yang dapat dilaksanakan, dan memberikan kesadaran dan pelatihan keamanan.

Artikel Lainnya

Menu
Open chat