7 Kriteria Dalam Memilih Cloud Service Provider

dataInsightTips
7 Kriteria Evaluasi yang akan Membantu Anda dalam menentukan Cloud Service Provider yang Tepat

 

Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memilih Cloud Service Provider yang dibutuhkan oleh organisasi Anda? Kurangnya kerangka kerja umum yang dapat digunakan untuk menilai kebutuhan terkait pemilihan Cloud Service Provider berkontribusi pada hal ini. Di tambah lagi dengan beragamnya alasan perusahaan dalam menggunakan layanan ini. Di tahun 2022 sendiri, diperkirakan 75% organisasi akan menggunakan strategi multi cloud.

Meskipun tampak sulit, sebenarnya ada beberapa kriteria yang dapat menjadi titik tumpu Anda dalam memilih Cloud Service Provider. Dan ini dia kriterianya!

1.Keamanan

Keamanan merupakan perhatian utama dalam penggunaan cloud, menjadi penting untuk mengajukan pertanyaan terperinci dan eksplisit terkait bagaimana langkah-langkah keamanan yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia, juga mekanisme yang digunakan untuk melindungi aplikasi dan data Anda. Pastikan pula Anda memahami secra jelas area-area spesifik yang menjadi tanggung jawab pihak yang terlibat. Anda dapat mencari secara lebih jauh dengan melakukan perbandingan pada perusahaan yang sudah established.

2.Kepatuhan

Pilih penyedia jasa yang dapat membantu memenuhi standar kepatuhan yang berlaku untuk industri dan organisasi Anda. Apakah terikat pada SOC, PCI-DSS, atau kerangka kerja lainnya, pastikan Anda memahami apa yang diperlukan untuk mencapai kepatuhan tersebut setelah aplikasi dan data berada di infrastruktur awan. Pahami letak tangung jawab Anda, dan aspek kepatuhan mana yang akan membantu Anda memeriksanya.

3.Arsitektur

Saat memilih penyedia cloud, pikirkan bagaimana arsitektur akan dimasukkan dalam alur kerja saat ini dan masa depan. Misalnya jika Anda telah berinvestasi cukup banyak pada salah satu OS tertentu, ada baiknya Anda melanjutkan hal tersebut, dan atau memilih Open Source system yang tidak mengharuskan Anda mengubah keseluruhan arsitektur yang telah Anda miliki saat ini.

4.Pengelolaan

Pada praktik penggunaan cloud service tentu saja Anda akan mengambil bagian. Peranan apa yang akan anda jalankan dalam mengelola hal ini menjadi pertimbangan yang cukup penting. Setiap layanan berhubungan dengan peralatan lain yang berintegrasi dengan layanan lain yang memiliki peralatan lain pula. Jika layanan cloud yang Anda pilih vital bagi organisasi Anda, pastikan penyedia layanan memberikan solusi termudah dalam mengintegrasikannya. Seberapa banyak waktu dan usaha yang akan Anda dan tim lakukan harus dihitung sebelum membuat keputusan akhir.

5.Tingkat Layanan

Tingkat layanan merupakan pertimbangan penting ketika Anda memiliki persyaratan yang ketat dalam hal ketersediaan, waktu respons, kapasitas, dan dukungan. Perjanjian Tingkat Layanan Cloud (Cloud SLA) adalah elemen penting untuk dipertimbangkan saat memilih penyedia jasa. Sangat penting untuk membangun hubungan kontrak yang jelas (baca: dapat diberlakukan secara hukum) antara pelanggan layanan cloud dan penyedia layanan cloud. Anda juga perlu memberi perhatian khusus pada persyaratan hukum untuk keamanan data yang dihosting di layanan cloud. Anda harus dapat mempercayai penyedia cloud Anda untuk melakukan hal yang benar, dan Anda memerlukan perjanjian hukum yang akan mendukung Anda jika terjadi kesalahan.

6.Dukungan

Dukungan adalah parameter lain yang membutuhkan pertimbangan cermat. Jika Anda membutuhkan bantuan, apakah Anda bisa mendapatkannya dengan cepat dan sederhana? Dalam beberapa kasus, satu-satunya dukungan yang akan Anda dapatkan adalah melalui layanan obrolan atau pusat panggilan. Ini mungkin atau mungkin tidak dapat diterima oleh Anda. Dalam kasus lain, Anda mungkin memiliki akses ke sumber daya khusus, tetapi ada kemungkinan besar akan ada batasan waktu dan akses. Ajukan pertanyaan sebelumnya tentang tingkat dan bentuk dukungan apa yang akan Anda akses dengan biaya tambahan apa.

7.Biaya

Meskipun tidak boleh menjadi faktor tunggal atau terpenting, tidak dapat disangkal bahwa biaya akan memainkan peran besar dalam menentukan penyedia layanan cloud yang Anda pilih. Seringkali kita tidak dapat membuat perbandingan yang sama persis, hanya dengan berdasarkan harga. Sebagai gantinya, Anda harus melihat pola penggunaan dan tentukan mana yang paling sesuai dengan model bisnis, anggaran, jadwal, dan sebagainya.

Tujuh kriteria yang dibahas di atas akan membantu Anda membangun kerangka kerja analitik yang kuat untuk digunakan saat Anda menentukan penyedia layanan cloud mana yang akan Anda percayai dengan data dan aplikasi Anda. Anda dapat menambahkan perincian ke dalamnya dengan menganalisis secara menyeluruh persyaratan organisasi Anda untuk menemukan tambahan faktor-faktor yang akan membantu Anda membuat keputusan berdasarkan informasi. Ini akan menjadi kunci untuk menentukan penyedia atau penyedia mana yang dapat memberikan fitur dan sumber daya yang paling mendukung tujuan bisnis, operasional, keamanan, dan kepatuhan Anda yang sedang berlangsung.

Artikel Lainnya

Menu
Open chat