4 Cara Membuat Situs Web dengan Konversi Tinggi & Mendorong Konversi Situs Web

Uncategorized
konversi situs web
4 Cara Membuat Situs Web dengan Konversi Tinggi & Mendorong Konversi Situs Web

 

Apakah website Anda mengalami masalah konversi? Tenang, Anda tidak sendiri. Banyak website di luar sana yang sekadar dibangun sebagai mahakarya desain grafis dan atau keputusan terburu-buru untuk membangun bisnis tanpa benar-benar memikirkan tujuan bisnis dan mengintegrasikannya pada website. Untuk itu, kami buatkan 4 tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan konversi website.

Mulailah Dengan Fondasi yang Kokoh

Sebagaimana rumah yang membutuhkan fondasi kuat, begitu pun website Anda. Tidak ada gunanya mengecat dan membuat dinidng yang indah, jika Anda membangunnya di atas batu apung.

Idealnya, situs web Anda membutuhkan hal-hal berikut untuk memulai dengan baik:

Desain yang Menarik

Jika ingin menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa Anda serius dengan bisnis Anda, Anda perlu menampilkan wajah profesional pada public, termasuk internet. Ini berarti, membuat situs web yang dirancang secara professional dan atau terlihat seperti itu.

Misalnya, jika Anda memilki toko fisik, Anda pasti tidak akan membiarkan sembarang orang mengecat etalase dan display toko dengan seenaknya, Anda menginginkan semuanya secara rapi dan professional, pun dengan website.

Anda tidak akan mendapatkan kesempatan kedua untuk menciptakan kesan pertama yang luar biasa, bukan? Suatu penelitian dari Conversion XL ini menunjukkan bahwa kesan pertama, 94% terkait dengan desain.

Jadi, pastikan website Anda siap!

Jaga Performa Situs Anda

Seperti mobil yang disetel dengan baik, situs web perlu dirawat dan disetel agar berjalan optimal dan menghindari insiden. Bayangkan apa jadinya jika e-commerce Anda tidak berjalan selama satu jam? Kemungkinan konversi pasti akan menurun.

Beberapa contoh pemeliharaan situs web yang baik meliputi:

  • Memastikan perangkat lunak Anda mutakhir (dalam kasus WordPress, ini berarti memperbarui plugin, tema, dan WordPress itu sendiri)
  • Menjaga situs web Anda berjalan cepat dengan CDN, sehingga Anda tidak kehilangan pelanggan bahkan sebelum mereka tiba
  • Menambahkan keamanan situs untuk mencegah masuknya peretas, dan situs web Anda aktif dan berjalan
Perjelas Hal Penting

Di sinilah navigasi dan tautan di tempat-tempat seperti sidebar dan footer ikut bermain. Anda perlu memastikan halaman terpenting di situs Anda mudah ditemukan untuk mempromosikan konversi situs. Hal-hal seperti halaman kontak Anda, halaman produk atau layanan Anda, atau halaman lain yang sangat penting dalam menghasilkan pendapatan untuk bisnis Anda harus sangat mudah ditemukan. Jangan harap pengunjung akan berusaha mencari secara detail. Jadi, buat semudah mungkin bagi pengunjung Anda untuk berkomunikasi dan membeli barang.

Mengarahkan Pengunjung Pada Tujuan Anda

Situs web Anda hadir untuk memenuhi tujuan bisnis Anda. Tentu, situs yang bagus dan berjalan lancar  sangat baik, namun Anda tetap harus menitik beratkan pada conversion focused design. Intinya adalah bahwa apa pun yang Anda lakukan pada web Anda harus mengarahkan pengunung ke sasaran di situs Anda.

Lalu, apakah sasaran tersebut? Well, semuanya bergantung pada Anda dan jenis situs yang Anda miliki. Untuk beberapa contoh misalnya;

  • Mendorong pengunjung untuk mendaftar ke daftar email Anda (blog, bisnis, dll)
  • Memikat pengunjung untuk mendaftar uji coba gratis (SaaS — alat online, keanggotaan, dll)
  • Meminta pengguna untuk mengisi formulir kontak Anda (layanan atau pembinaan bisnis)

Bagaimana Anda mengarahkan pengguna ke sasaran tersebut? Cara termudah ialah dengan call to action. Call to action bisa Anda letakkan dimana pun. Seperti, sidebar, footer, popup, dan masih banyak lagi.

Buat Mesin Pencari Senang

Banyak orang berpikir optimasi mesin pencari adalah tentang Google (dan Bing, Baidu). Memang dulunya ini benar, tetapi algoritme pencarian telah banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir. Ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

Kedepankan Pencarian Mobile

Penelusuran seluler melampaui penelusuran desktop pada tahun 2015. Google juga memperjelas bahwa seluler sangat penting untuk ditelusuri saat mereka merilis penguji situs seluler. Pengujian ini dapat dengan cepat memberi tahu Anda apakah situs Anda akan terlihat bagus, dan berfungsi dengan baik, di perangkat seluler.

SEO On-Page — Sesuaikan Halaman Anda

Meskipun Anda bukan pakar SEO, ada baiknya menghabiskan waktu sekitar satu jam mempelajari cara mengubah situs web Anda untuk mendapatkan lalu lintas mesin telusur terbanyak. Ini mungkin tampak seperti sesuatu yang sangat kecil dan tidak sepadan dengan waktu Anda. Namun, beberapa klien kami meningkatkan lalu lintas 20% dalam satu bulan dengan perubahan sederhana ini. Apa pun yang Anda lakukan, jangan abaikan SEO Anda!

Bangun Daftar Email Anda

Daftar email Anda sebenarnya adalah salah satu aset bisnis terpenting Anda selain dari situs web atau toko online Anda. Alasannya adalah karena email memberi Anda akses langsung ke kotak masuk orang-orang yang telah memberi Anda izin untuk menghubungi mereka melalui email. Tidak hanya itu, email adalah salah satu saluran penjualan paling efektif yang pernah ada.

Jadi, meskipun Anda mungkin meraih banyak kesuksesan dengan toko, situs web, atau jaringan offline Anda, membangun daftar email dan mengirimkan buletin email selalu bermanfaat. Ada banyak cara berbeda untuk meningkatkan pelanggan, tetapi salah satu cara termudah untuk memulai adalah dengan memberikan penawaran sederhana untuk pelanggan masa depan Anda. Ini bisa apa saja seperti, daftar checklist, how to, atau video-video kecil.

Baca juga: 7 Manfaat Mengejutkan dari Aplikasi Seluler Untuk Bisnis Anda

Pastikan saja penawaran Anda bermanfaat, dapat ditindaklanjuti, dan memecahkan masalah umum yang akan dialami sebagian besar calon pelanggan Anda. Namun, selalu biarkan mereka menginginkan lebih dan sarankan mereka untuk menghubungi jika mereka membutuhkan bantuan lebih lanjut. Bagaimanapun, “bantuan lebih lanjut” itu bisa berarti menggunakan layanan atau produk Anda.

Trik lain untuk menggunakan daftar email secara efektif untuk menumbuhkan basis pelanggan Anda adalah dengan terus memberinya konten baru. Itu mungkin berarti buletin mingguan, konten blog, tips bermanfaat, dan studi kasus. Idenya adalah untuk membangun kepercayaan, menunjukkan keahlian, dan menunjukkan bahwa Anda memahami masalah pelanggan Anda. Akhirnya, itu akan membawa mereka kembali ke pintu Anda.

Otomasi pemasaran adalah pengubah permainan. Lihat artikel kami tentang alat otomatisasi pemasaran email untuk menemukan alat yang tepat untuk membuatnya sangat mudah.

Saatnya Mengoptimalkan Situs Anda untuk Konversi Situs Web

Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk meningkatkan situs Anda dan mendapatkan lebih banyak pelanggan; sekarang saatnya untuk mengambil tindakan untuk benar-benar mendapatkan konversi situs web untuk diri Anda sendiri. Mulailah dari yang termudah, bisa dengan meningkatkan kecepatan situs, menambahkan formulir kontak, atau membuat Call To Action yang menarik.

Kemudian, lanjutkan ke perubahan terpenting berikutnya yang menurut Anda akan membantu mendorong lebih banyak bisnis. Lakukan selangkah demi selangkah, selalu tingkatkan dan perhatikan cara-cara untuk membuat situs web Anda lebih baik, lebih cepat, lebih fokus pada tujuan, dan membantu pelanggan!

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menerapkan tips ini jangan ragu untuk menghubungi kami ya!

Artikel Lainnya

Menu
Open chat