Keuntungan-SOC

data, Insight, Tips, Uncategorized
Keuntungan SOC

 

Dengan teknologi yang memainkan peran kunci dalam setiap industri di seluruh dunia, keamanan siber harus menjadi prioritas bagi semua organisasi. Model SOC telah terbukti efektif dalam banyak situasi.

Apa saja keuntungannya? Yuk simak penjelasan berikut:

1.Keuntungan Finansial

Bagi kebanyakan perusahaan, gaji karyawan adalah biaya terbesar dalam anggaran mereka. Mempekerjakan seluruh tim profesional keamanan siber membutuhkan investasi besar di muka dan berkelanjutan. Dengan mengadopsi model SOC, Anda membayar layanan dengan persyaratan yang jelas dan kewajiban yang lebih sedikit.

2.Meminimalkan Waktu Henti

Saat situs web atau aplikasi turun, sering kali itu berarti kehilangan pendapatan atau pukulan negatif terhadap reputasi perusahaan. Menggunakan SOC dapat meminimalkan efek tersebut dan mempersingkat waktu untuk resolusi insiden. Bahkan alat pemantauan waktu operasional yang paling handal pun tidak sempurna, jadi memiliki pusat operasi keamanan yang siap akan membangun redundansi ke dalam jaringan Anda. Staf internal Anda memiliki begitu banyak prioritas yang bersaing sehingga mungkin bermanfaat untuk melakukan outsourcing aktivitas keamanan siber ke SOC.

3.Membangun Kepercayaan Pelanggan

Satu pelanggaran data, seperti pelanggaran data Capital One, dapat menyebabkan pelanggan berfikir dua kali untuk mempercayai perusahaan dengan informasi pribadi mereka. Dengan sedikit ruang untuk kesalahan, menempatkan pusat operasi keamanan untuk menjalankan sistem pemantauan sepanjang waktu memberikan rasa percaya kepada semua orang yang mengandalkan jaringan dan data.

4.Praktik Terbaik Pusat Operasi Keamanan

Sekarang setelah SOC dibentuk selama beberapa tahun, beberapa praktik terbaik telah muncul. Ini bukan persyaratan wajib agar SOC berhasil, tetapi ini adalah hal yang harus dicari saat memilih penyedia SOC.

Untuk mendapatkan hal itu ada berapa faktor yang dapat Anda perhatikan yakni:

1.Menerapkan Otomasi

Tim SOC harus seefisien mungkin. Itu berarti mereka tidak dapat membuang-buang waktu untuk membaca entri log dan mengamati arus lalu lintas. Sebaliknya, mereka perlu menerapkan alat komputer pusat operasi keamanan otomatisasi yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi pola dan mengarahkan mereka kepada hal yang penting.

2.Menggunakan Pendekatan Cloud

Di masa lalu, Anda dapat memasang firewall di tepi pusat data Anda dan percaya bahwa semua yang ada di dalamnya terlindungi. Namun dengan pergerakan komputasi awan, SOC perlu melihat cakupan yang lebih luas. Mereka harus menganalisis bagaimana semua bagian infrastruktur cloud berinteraksi dan di mana kerentanan dapat bersembunyi.

3.Berfikir Seperti Seorang Hacker

Penjahat dunia maya selalu mencari cara untuk menciptakan bentuk serangan baru yang tidak akan datang oleh perusahaan dan individu. Untuk tetap menjadi yang terdepan, tim SOC keamanan siber perlu mengambil pendekatan kreatif yang sama. Jika mereka menghabiskan sepanjang hari mengkhawatirkan ancaman kuno, mereka akan buta terhadap jenis serangan baru yang masih ada di cakrawala. Pengujian penetrasi dan kekacauan adalah aktivitas pusat operasi keamanan yang penting, karena memaksa tim untuk mencari kerentanan yang ada di tempat dan yang tidak terduga.

Jadi, apakah Anda siap untuk mendapatkan semua keuntungan SOC ini? Yuk, cari tahu bagaimana cara menerapkan SOC seefktif mungkin dengan menghubungi kami via chat.

Bagikan Artikel:

Artikel Lainnya

Menu
Open chat