IT Managed Services vs Staff Augmentation
Insight Managed Services

IT Managed Services vs Staff Augmentation: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Perbedaan IT Managed Services danĀ  Staff Augmentation , Di era 4.0 ini kebutuhan tim IT merupakan hal penting yang harus dipenuhi oleh perusahaan dimana seluruh aspek bisnis harus bertransformasi ke digital. Keberadaan tim IT yang mumpuni akan menambah daya saing perusahaan di tengah persaingan pasar yang kian kompetitif.

Bahkan, Tim IT sudah masuk dalam kebutuhan yang cukup mendesak bagi perusahaan untuk meningkatkan akselerasi dan pertumbuhan bisnis. Apalagi seiring dengan perkembangan teknologi, ancaman atau risiko kejahatan digital juga semakin tinggi yang harus diantisipasi oleh perusahaan.

Hal ini yang mendasari kemudian munculnya berbagai layanan atau jasa untuk membantu kebutuhan Tim IT perusahaan. SepertiĀ  IT Managed Services vs Staff Augmentation.

 

Pengertian

IT Managed Services dan Staff Augmentation adalah dua model pengelolaan layanan TI yang populer di kalangan perusahaan saat ini. Kedua model ini menawarkan solusi untuk memenuhi kebutuhan TI perusahaan, namun dengan pendekatan yang berbeda.Ā 

  • IT Managed Services

Adalah model layanan teknologi informasi yang menawarkan layanan penuh pengelolaan IT beserta seluruh infrastruktur bagi perusahaan. Dan dinilai sebagai solusi lengkap untuk memenuhi kebutuhan IT perusahaan.

Layanan Terkelola TI vs Augmentasi Staf

IT Managed Services juga disebut sebagai solusi lengkap untuk pengelolaan IT sebab menawarkan berbagai layanan, mulai dari pemeliharaan jaringan, manajemen server, manajemen database, manajemen perangkat lunak, dan pemantauan sistem. Juga mencakup dukungan pengguna akhir, pemulihan bencana, dan keamanan TI.

Baca juga : Apa itu Data Storytelling dan Contohnya?

  • Staff Augmentation

Staff Augmentation adalah model layanan IT yang menawarkan tenaga kerja ahli TI untuk membantu perusahaan dalam sebuah proyek atau tugas tertentu. Tenaga kerja IT ini seperti programmer, teknisi jaringan, ahli database, atau spesialis IT lainnya.Ā 

Layanan Terkelola TI vs Augmentasi Staf 3

Layanan Staff Augmentation ini bekerja di bawah kendali langsung perusahaan dan berkontribusi pada proyek atau tugas yang ditetapkan.

Baca juga : Apa itu Security Operation Center (SOC)?

KeuntunganĀ 

Secara umum tujuan dari IT Managed Services dan Staff Augmentation untuk membantu perusahaan mengisi kekosongan atau kekurangan bidang IT tanpa harus membangun tim internal. Berikut keuntungan dan kelebihan satu sama lain dari dua model layanan IT ini.

IT Managed ServicesĀ 

  • Menyediakan layanan pemeliharaan yang berkala
  • Meningkatkan pengelolaan dan pengawasan sistem terhadap gangguan atau ancaman digital
  • Bertanggung jawab penuh atas seluruh sumber daya manusia bidang IT
  • Bertanggung jawab penuh atas seluruh infrastruktur IT
  • Perusahaan tidak perlu mengalokasikan sumber daya internal untuk mengelola IT.

Staff AugmentationĀ 

  • Perusahaan memiliki kontrol terhadapĀ  tenaga kerja IT tambahan
  • Fleksibilitas karena bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan proyek
  • Perusahaan bebas memilih tenaga kerja IT sesuai dengan kebutuhan.

Kedua model layananĀ  IT Managed Services dan Staff Augmentation memiliki kelebihan yang masing-masing. IT Managed Services dinilai sebagai solusi untuk kebutuhan layanan IT jangka panjang. Sedangkan Staff Augmentation lebih tepat untuk kebutuhan jangka pendek.

Pemilihan layanan IT ini harus berdasarkan kebutuhan perusahaan, sehingga mampu memberikan perubahan yang signifikan terhadap pertumbuhan bisnis dan daya saing perusahaan di tengah persaingan pasar yang semakin ketat hari ini.

Baca juga : Apa Itu Data Visualization dan Data Storytelling?

Layanan IT Managed Services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Admin Biztech