5 Manfaat ERP (Enterprise Resources Planning) dalam Customer Service

dataInsightTips
5 Manfaat ERP dalam Customer Service

Customer service yang baik merupakan kunci dari persaingan di era 4.0. Dengan kehadiran mobile phone dan yang lainnya, hanya dalam 1 tap, pelanggan dapat berpindah ke lain hati. Namun, mengelola customer service bukan hal yang mudah. Pelayanan pelanggan bukan tugas 1-2 orang atau 1-2 divisi, melainkan keseluruhan organisasi. Organisasi harus bekerja keras untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya.

ERP atau Enterprise Resources Planning, dapat membantu Anda mengatasi permasalahan ini. Sistem ERP modern mampu membantu meningkatkan layanan pelanggan dengan efektif, baik untuk skala kecil atau pun besar. Berikut paparan mengapa ERP bisa membantu Anda dalam Customer Service.

1.Meningkatkan penanganan pelanggan

ERP adalah sistem yang terintegrasi dan hanya memiliki satu database. Tidak ada ketidaksepakatan atau kebingungan terkait data antar departemen karena setiap orang memiliki akses ke data terbaru. Pelanggan akan menerima informasi yang sama di semua saluran dan tidak akan ada perbedaan mengenai produk. Sesuai statistik Panorama, peningkatan layanan pelanggan adalah salah satu alasan utama perusahaan mengadopsi perangkat lunak ERP.

2.Mengelola pesanan dan memastikan pengiriman tepat waktu

Layanan pelanggan lebih dari sekedar menyediakan produk yang berkualitas, sangat penting untuk menyediakan produk berkualitas dengan harga yang wajar dan mengirimkannya pada waktu yang dijanjikan Sesuai dengan penelitian, meskipun pengiriman barang merupakan tahap terakhir dari proses tersebut, tetapi menurut pelanggan, ini adalah yang paling penting.ERP dapat membantu membuat komitmen yang tulus karena ini menyimpan semua detail tentang produk, inventaris, dan pelanggan di platform yang sama. Detail ini dapat digunakan saat melakukan pemesanan untuk memastikan ketepatan waktu pengiriman untuk pelanggan. Pelanggan kecewa jika produk favorit mereka habis atau jika mereka menerima stok usang menjaga persediaan di cek memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan stok baru pada waktu yang diinginkan.

3.Meningkatkan retensi pelanggan

Pelanggan adalah aset sebuah organisasi dan karenanya sangat penting untuk memperlakukan mereka dengan baik dan mempertahankannya. 68% pelanggan pergi karena mereka percaya bahwa perusahaan tidak peduli terhadap mereka. ERP memelihara semua catatan pelanggan dan membantu perusahaan untuk memahami manajemen siklus hidup aset pelanggan. Dengan bantuan ERP, mereka memiliki semua akses ke detail pelanggan menjadi lebih akurat dan dapat menjawab semua pertanyaan pelanggan. Lebih lanjut, memiliki informasi yang akurat tentang persediaan dan stok memungkinkan mereka untuk memenuhi tenggat waktu pengiriman dan memberikan sesuai harapan pelanggan. Hal ini menyebabkan peningkatan kepuasan pelanggan dan penurunan pelanggan.

4.Menjaga harga tetap kompetitif

Di pasar yang penuh dengan persaingan, sangat penting untuk menjaga agar harga tetap kompetitif karena pelanggan memiliki banyak pilihan, Berdasarkan riset Hubspot, 78% pengguna internet melakukan riset produk secara online. Ini menunjukkan bahwa mereka membandingkan harga dan layanan. ERP berperan besar dalam menjaga harga tetap kompetitif karena membantu mengurangi inventaris dan proses kerja yang berarti akan ada biaya yang lebih rendah terkait dengan manufaktur. Jelas operasi yang lebih baik mengarah pada layanan pelanggan yang lebih baik. Fluktuasi tergantung pada jenis pesanan, ukuran dan permintaan pasar dapat dengan mudah dikelola dengan bantuan ERP. Jika perusahaan dapat mengatur untuk menyediakan barang berkualitas dengan harga yang lebih rendah tidak hanya akan mempertahankan pelanggan, tetapi juga menarik lebih banyak pelanggan dan memberikan keunggulan atas pesaing.

5.Resolusi pertanyaan yang efisien

Dengan bantuan ERP, perusahaan dapat memantau perilaku pelanggan yang memungkinkan perusahaan untuk memahami perilaku pembelian pelanggan dan statistik penting lainnya. Menjawab pertanyaan dan kebutuhan pelanggan adalah bagian terpenting dari layanan pelanggan dan sangat penting bagi bisnis. 84% pelanggan merasa frustrasi ketika agen tidak memberikan informasi yang diperlukan. Oleh karena itu, mereka dapat menangani pertanyaan pelanggan dengan lebih efisien yang membuat bisnis sangat responsif terhadap kebutuhan dan permintaan pelanggan.

Kesimpulan

Saat ini bisnis sangat bergantung pada opini pelanggan. Saat pelanggan senang dan puas maka pendapatan pasti akan berlipat ganda. ERP adalah alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan dan memberdayakan mereka untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

Artikel Lainnya

Menu
Open chat