Cloud Storage Vs Local Storage: Apa Pilihan Tepat Untuk Anda?

data, Insight, Tips
Cloud Storage Vs Local Storage: Apa Pilihan Tepat Untuk Anda?

 

Selama lima tahun terakhir, teknologi cloud telah berkembang . Dengan aplikasi berbasis cloud, perencanaan pemulihan bencana , dan penyimpanan data, cloud menawarkan arsitektur baru untuk bisnis yang ingin meningkatkan efisiensi dan kelincahan. Namun, yang baru tidak selalu lebih baik. Sementara penyimpanan cloud tentu menawarkan manfaat bagi banyak bisnis, beberapa organisasi menemukan bahwa menggunakan penyimpanan lokal – atau hybrid mix – adalah solusi yang lebih efektif. Meneliti manfaat penyimpanan cloud vs penyimpanan lokal adalah bagian penting untuk mengidentifikasi apa yang tepat untuk bisnis Anda.

Penyimpanan Cloud Vs Penyimpanan Lokal

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya.

Definisi:  Penyimpanan awan adalah proses menyimpan data digital dalam ruang online yang menjangkau beberapa server dan lokasi, dan biasanya dikelola oleh perusahaan hosting.

Definisi: Penyimpanan lokal adalah proses menyimpan data digital pada perangkat penyimpanan fisik, seperti hard disk drive (HDD), solid state drive (SSD), atau perangkat penyimpanan eksternal, seperti thumb drive atau disk.

Intinya, cloud hanya menyediakan solusi penyimpanan yang luas di luar lokasi.

Penyimpanan Awan: Pro Dan Kontra

Manfaat

Pengambilan Data: Ambil data dari mana saja secara virtual dan dukung inisiatif kerja-dari rumah, solusi BYOD, dan kelincahan bisnis.

Kolaborasi: Dengan mengakses data dan alat yang sama, tim bekerja bersama secara lebih efisien.

Disaster Recovery: Penyedia cloud dapat bekerja dengan platform solusi cloud untuk menyediakan pemulihan bencana dan strategi cadangan.

Pembayaran Berlangganan: Model berlangganan Bayar saat Anda menggunakan mengeluarkan model CapEx dari perencanaan penyimpanan.

“Green” Business : Bisnis yang beralih ke komputasi awan dapat  memangkas konsumsi energinya hingga 70% .

Peningkatan Kemampuan : Virtualisasi, aplikasi web, alat kolaborasi , solusi pemulihan bencana, sentralisasi, perlindungan data, dan protokol keamanan semuanya tersedia untuk pengguna cloud.

Tantangan

Keamanan: Tim TI harus dapat menggunakan alat penyedia cloud untuk memastikan keamanan data sensitif yang lengkap.

Host Trust: Pakar manajemen risiko mencatat bahwa bekerja sama dengan penyedia cloud berarti Anda mengandalkan mereka untuk ketersediaan dan keamanan.

Penyimpanan Lokal: Pro Dan Kontra
Manfaat

Kecepatan: Mengakses data yang disimpan di penyimpanan lokal jauh lebih cepat dari pada mengunggah dan mengunduhnya ke dan dari cloud.

Kontrol Keamanan: Anda memiliki kontrol penuh atas bagaimana data disimpan, siapa yang memiliki akses, dan protokol keamanan informasi.

Tantangan

Aksesibilitas: Kontrol penuh itu ada pada biaya aksesibilitas, yang memengaruhi kegunaan dan kolaborasi.

Biaya: Biaya perangkat keras dan infrastruktur tinggi dan menambah lebih banyak ruang dan meningkatkan hanya menambah label harga.

Cadangan / DR: Cadangan di luar lokasi merupakan komponen penting dari rencana pemulihan bencana yang kuat. Cadangan lokal akan dimusnahkan jika terjadi bencana di tempat.

Cloud Storage Vs Local Storage: Apa Yang Tepat Untuk Anda?

Seperti halnya keputusan teknologi, pilihan terbaik untuk Anda tergantung pada tujuan bisnis Anda. Banyak bisnis saat ini berkembang dengan penyimpanan cloud vs penyimpanan lokal, karena penyimpanan cloud mudah digunakan dan dipelihara. Namun, semakin banyak bisnis yang menemukan solusi IT hybrid memenuhi sebagian besar kebutuhan. Menggunakan penyimpanan lokal di tempat untuk tugas-tugas tertentu dan membuat cadangan ke cloud adalah penyebaran penyimpanan hybrid yang sangat berguna. Dalam hal ini, Anda memiliki manfaat kontrol kecepatan dan data sensitif sementara juga memungkinkan kolaborasi yang lebih baik dan aksesibilitas data .

Ini juga berbicara tentang masalah keamanan dengan cloud. Postur keamanan yang kuat melindungi aset data. Dengan menilai data mana yang memerlukan akses mudah atau langkah-langkah keamanan yang lebih kuat, bisnis lebih mampu melindungi data yang mereka andalkan.

Sementara memahami pro dan kontra penyimpanan cloud vs penyimpanan lokal berguna dalam menentukan titik awal Anda, membangun peta jalan lengkap yang dengan hati-hati merencanakan bagaimana data disimpan dan diakses di masing-masing jenis penyimpanan ini adalah langkah penting berikutnya.

 

Artikel Lainnya

Menu
Open chat