Apa Itu Cloud Service?

cloud service

Cloud service

 

Cloud service merupakan istilah yang mengacu pada beragam layanan berbasis awan dan internet. Layanan ini dibuat untuk memberikan akses yang mudah dan terjangkau kepada aplikasi dan sumberdaya TI tanpa memerlukan infrastruktur maupun perangkat keras internal. Mulai dari memeriksa email, kolaborasi dokumen, kesemuanya merupakan layanan awan yang biasa digunakan dalam dunia kerja. Entah pengguna menyadarinya atau tidak.

Bagaimana cloud service bekerja?

Cloud service bekerja dengan pengelolaan yang dilakukan oleh vendor komputasi awan dan atau layanan. Mereka bertugas menyediakan server dan seluruh sistem lainnya sehingga perusahaan tidak harus  menyediakan hosting dan perlengkapan lainnya sendiri. Namun, tentu saja semua ini dapat dikustomisasi.

Apa keuntungan cloud service?

Keuntungan utama cloud service diantaranya ialah:

a. Kemampuan untuk meninkatkan bisnis

Karena penyedia layanan cloud telah menyediakan semua infrastruktur dan perangkat lunak yang dibutuhkan, perusahaan tidak perlu berinvestasi terkait sumber daya TI secara mandiri. Misalnya, alokasi staff TI khusus untuk mengelola cloud ini. Hal ini, nantinya akan memudahkan bisnis untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis sesuai dengan perubahan kebutuhan pelanggan.

b. Menurunkan biaya

Cloud service yang disediakan oleh provider biasanya memiliki basis langganan bulanan atau tahunan, sehingga tidak diperlukan biaya untuk membayar lisesnsi software dasar yang harus dikeluarkan perusahaan. Biaya ini tertanggung oleh penyedia layanan. Namun demikian, organisasi tetap dapat mengakses software, penyimpanan dan layaan lainnya. Lebih lagi tidak perlu biaya tambahan untuk pemeliharaan dan peningkatan infrastruktur.

c. Peningkatan flexibilitas

Dengan layanan cloud, perusahaan dapat memperoleh layanan sesuai permintaan, sesuai kebutuhan. Jika dan saat aplikasi atau platform tertentu tidak lagi dibutuhkan, bisnis dapat dengan mudah membatalkan langganan atau menutup layanan.

Baca juga: Tinjauan Dasar-Dasar Komputasi Awan (Cloud Computing

Apa saja jenis-jenis cloud service yang tersedia?

Secara umum ada tiga cloud service yang ada yakni:

1. Software as a service (Saas)

Jenis layanan cloud yang paling dikenal luas dikenal sebagai perangkat lunak sebagai layanan, atau SaaS. Kategori luas ini mencakup berbagai layanan, seperti penyimpanan dan pencadangan file, email berbasis web, dan alat manajemen proyek.

Contoh penyedia layanan cloud SaaS termasuk Dropbox, G Suite, Microsoft Office 365, Slack, dan Kolaborasi Konten Citrix. Di setiap aplikasi ini, pengguna dapat mengakses, membagikan, menyimpan, dan mengamankan informasi di “cloud”.

2. Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastruktur sebagai layanan, atau IaaS, menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan banyak penyedia layanan cloud untuk mengelola alat SaaS — tetapi tidak ingin memeliharanya sendiri. Ini berfungsi sebagai kerangka kerja pusat data lengkap, menghilangkan kebutuhan untuk penginstalan di tempat yang intensif sumber daya.

Contoh IaaS adalah Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure dan Google Compute Engine. Penyedia ini memelihara semua server penyimpanan dan perangkat keras jaringan, dan mungkin juga menawarkan penyeimbangan beban, firewall aplikasi, dan lainnya. Banyak penyedia SaaS terkenal berjalan di platform IaaS.

3. Platform as a Service (PaaS)

Model layanan cloud yang dikenal sebagai platform sebagai layanan, atau PaaS, berfungsi sebagai lingkungan berbasis web tempat pengembang dapat membangun aplikasi cloud. PaaS menyediakan database, sistem operasi, dan bahasa pemrograman yang dapat digunakan organisasi untuk mengembangkan perangkat lunak berbasis cloud, tanpa harus memelihara elemen yang mendasarinya.

Banyak vendor IaaS, termasuk contoh yang tercantum di atas, juga menawarkan kemampuan PaaS.

Jenis-jenis cloud service

Saat memutuskan cara memanfaatkan layanan cloud, organisasi juga harus memutuskan jenis lingkungan mana yang paling cocok untuk bisnis: cloud publik, cloud pribadi, atau gabungan keduanya.

1. Layanan cloud publik

Layanan yang disediakan penyedia untuk banyak pelanggan melalui web disebut sebagai layanan cloud publik. Contoh SaaS, IaaS dan PaaS yang disebutkan di atas semuanya menyediakan layanan berbasis cloud publik. Manfaat terbesar menggunakan layanan cloud publik adalah kemampuan untuk berbagi sumber daya dalam skala besar, memungkinkan organisasi menawarkan lebih banyak kemampuan kepada karyawan daripada yang mungkin dilakukan sendirian.

2. Layanan cloud pribadi

Layanan yang tidak disediakan penyedia secara umum untuk pengguna atau pelanggan korporat disebut sebagai layanan cloud pribadi. Dengan model layanan cloud pribadi, aplikasi dan data tersedia melalui infrastruktur internal organisasi itu sendiri. Platform dan perangkat lunak melayani satu perusahaan saja, dan tidak tersedia untuk pengguna eksternal. Perusahaan yang bekerja dengan data yang sangat sensitif, seperti di industri perawatan kesehatan dan perbankan, sering menggunakan cloud pribadi untuk memanfaatkan protokol keamanan tingkat lanjut dan memperluas sumber daya dalam lingkungan virtual sesuai kebutuhan.

3. Dalam lingkungan cloud hybrid

Solusi cloud pribadi digabungkan dengan layanan cloud publik. Pengaturan ini sering digunakan ketika organisasi perlu menyimpan data sensitif di cloud pribadi, tetapi ingin karyawan mengakses aplikasi dan sumber daya di cloud publik untuk komunikasi dan kolaborasi sehari-hari. Perangkat lunak berpemilik digunakan untuk mengaktifkan komunikasi antara layanan cloud, seringkali melalui satu konsol manajemen TI.

Baca juga: Cloud Storage Vs Local Storage: Apa Pilihan Tepat Untuk Anda?

Bagaimana masa depan cloud service?

Seiring ketersediaan layanan cloud yang terus berkembang, begitu pula aplikasi mereka di dunia korporat. Baik perusahaan memilih untuk memperluas penerapan perangkat lunak di lokasi yang ada atau memindahkan 100% ke cloud, layanan ini akan terus menyederhanakan cara organisasi mengirimkan aplikasi dan data penting untuk tenaga kerja. Dari kolaborasi konten dan kontrol akses untuk karyawan hingga manajemen pengiriman aplikasi dan solusi desktop virtual untuk TI, ditambah beragam pilihan di antaranya, layanan cloud mengubah cara orang bekerja dan cara bisnis beroperasi.

Anda dapat bertanya lebih jauh terkait cloud service ini kepada konsultan biztech.

Artikel Lainnya

Menu
Open chat