Amankan Email Anda Dalam 5 Menit!

data, Insight, Tips, Uncategorized
Anda khawatir pemerintah memata-matai Anda?

 

Muak dengan iklan yang masuk ke alamat email? Anda ingin berkomunikasi secara privat, mengelola dokumen sensitif seperti kartu identitas, laporan bank, atau kata sandi? Well, Anda dapat mengenskripsi percakapan Anda melalui email hanya dalam waktu 5 menit.

1. Unduh dan instal Mozilla Thunderbird

Thunderbird adalah aplikasi email gratis yang mudah diatur dan dikustomisasi. Buka https://www.thunderbird.net/en-US/thunderbird/all/ dan unduh thunderbird untuk OS apa pun yang Anda pakai.

Seperti inilah tampilan aplikasinya :

Set up akun Anda!

2. Unduh dan install GNU Privacy Guard

Buka https://gnupg.org/download/index.html untuk mengunduh. GnuPG memungkinkan Anda untuk mengenkripsi dan menandatangani data dan komunikasi; sebuah fitur sistem manajemen kunci serbaguna, bersama dengan modul akses untuk semua jenis kunci direktori publik.

3.Unduh Enigmail

Enigmail adalah antarmuka sederhana untuk keamanan email. Buka https://www.enigmail.net/index.php/en/download untuk mengunduhnya.

Untuk menginstal Enigmail di Thunderbird, gunakan klik kanan “save link as … “ untuk menyimpan ekstensi secara lokal. Kemudian arahkan ke menu Thunderbird Tools> Addons Pilih Enigmail dan tambahkan.

4.Dapatkan kunci Anda

Pergi ke thunderbird dan kemudian pergi ke Enigmail / p = p menu> Select Key Management.

Sekarang mari kita mengujinya dengan mengirim email!

Anda mengenkripsi email dengan menggunakan kunci publik penerima (fingerprint) dan penerima akan mendekripsi email menggunakan kunci pribadi mereka (fingerprint).

WAKTUNYA PENGUJIAN!

Ketika mengirim email menggunakan thunderbird dan membukanya mengnakan gmail inilah yang kami dapatkan:

Padahal, tulisan sebenarnya ialah

Thunderbird akan secara otomatis mendekripsi email yang selama anda memiliki kunci publik pengirim (sidik jari).

Kesemua ini dilakukan dengan sistem PGP (Pretty Good Privacy). Sebuah metode cryptography yang cukup kompleks berfungsi untuk mengenkripsi email dengan mengubahnya menjadi angka dan huruf acak.

Ingin tahu tips-tips lainnya? Terus kunjungi web Biztech ya!

Artikel Lainnya

Menu
Open chat